8 Kondisi yang Menyebabkan Nyeri pada Tulang Belikat
Tanggal Posting : Jumat, 17 Desember 2021 | 05:27
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 1368 Kali
8 Kondisi yang Menyebabkan Nyeri pada Tulang Belikat
Berikut ini 8 kondisi yang menyebabkan nyeri pada tulang belikat.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Tulang belikat adalah tulang yang berada di bahu dan menghubungkan tulang selangka (klavikula) dengan tulang lengan atas (humerus). Sakit pada tulang belikat bukanlah sebuah kondisi yang langka. Kondisi yang menyebabkannya mulai dari bahu kaku, serangan jantung, hingga bone spurs.

Tulang belikat memiliki rentang gerak yang luas dan sering digunakan. Ketika tulang belikat mengalami masalah, maka akan menghambat kemampuan tubuh bergerak bebas dan menyebabkan nyeri serta tidak nyaman. Tulang belikat dilapisi oleh lapisan tulang rawan dan dua sendi utama, yaitu sendi acromioclavicular dan sendi glenohumeral.

Seseorang dapat mengalami nyeri tulang belikat saat melakukan pekerjaan secara manual, berolahraga, atau melakukan gerakan berulang. Penyakit tertentu juga dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke bahu. Nyeri tulang belikat umum terjadi seiring bertambahnya usia, terutama setelah usia 60 tahun. Hal ini karena jaringan lunak di sekitar bahu cenderung merosot seiring bertambahnya usia.

Kondisi Penyebab Nyeri Tulang Belikat

Beberapa faktor dan kondisi dapat menyebabkan nyeri tulang belikat. Penyebab paling umum adalah rotator cuff tendinitis. Ini adalah kondisi yang ditandai dengan tendon yang membengkak. Terkadang nyeri tulang belikat terjadi akibat cedera pada area lain di tubuh, biasanya leher atau bisep. Nah, berikut ini beberapa kondisi umum yang dapat menyebabkan nyeri tulang belikat:

Bahu Kaku (Frozen Shoulder)

Kondisi ini membatasi seberapa banyak sendi tubuh akan bergerak. Pita jaringan abnormal (perekat) menumpuk di sendi dan membuat bahu tidak bergerak bebas atau bahu kaku. Bahu mungkin menjadi kaku karena rasa sakit atau jarang digunakan pasca operasi.

Rotator Cuff Tendinitis

Rotator cuff tendinitis adalah kelompok otot dan tendon di bahu yang menahan lengan di tempatnya, dan membuat kemampuan untuk mengangkat lengan ke atas. Area ini dapat rusak jika penggunaan berlebihan atau trauma. Kerusakan juga dapat terjadi akibat keausan seiring bertambahnya usia. Tulang belikat mungkin akan sakit di malam hari dan ketika kamu mengangkat barang.

Tendon Terjepit

Hal ini terjadi ketika tendon rotator cuff tendinitis terjepit di tulang bahu. Kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit. Jika kamu sering mengangkat tangan ke atas kepala, maka ini dapat memicunya.

Bursitis

Bursa (kantung berisi cairan yang menjadi bantalan di sendi) bisa bengkak dan teriritasi jika kamu mengulangi gerakan yang sama berulang kali. Namun, bisa juga karena jatuh, trauma, atau cedera lainnya. Jika kamu mengalami bursitis, kemungkinan akan merasakan sakit saat menggerakkan bahu.

Kondisi Kesehatan Tertentu

Dalam beberapa kasus, kondisi medis tertentu seperti masalah pada kantong empedu, hati, atau organ lain, juga dapat memicu nyeri pada tulang belikat.

Serangan Jantung

Jika tulang belikat terasa nyeri dan mengalami kesulitan bernapas atau dada terasa sesak, maka diperlukan bantuan medis darurat segera.

Tendinitis

Kondisi ini terjadi saat tendon yang membentuk rotator cuff meradang. Hal ini dapat terjadi secara perlahan dari waktu ke waktu atau sebagai akibat dari jatuh atau pukulan langsung ke bahu.

Bone Spurs

Bone spurs atau juga dikenal sebagai “osteofit”, potongan kecil tulang yang halus ini bergesekan dan dikenakan pada rotator, dan membuat tulang belikat tidak bergerak sebagaimana mestinya. Kondisi ini dapat menyebabkan tendinitis atau robekan rotator cuff.

Jika mengalami nyeri tulang belikat yang disebabkan kondisi-kondisi di atas, maka kamu memerlukan bantuan dokter untuk mengatasi penyebab dan gejalanya. (Sumber Berita: https://www.halodoc.com/artikel/8-kondisi-yang-bisa-menyebabkan-nyeri-pada-tulang-belikat-1). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU, NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2024. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: