68 Jenis Ramuan Berbahan Kelapa
Tanggal Posting : Senin, 5 Oktober 2020 | 10:13
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 539 Kali
68 Jenis Ramuan Berbahan Kelapa
Hasil penelitian menemukan 68 jenis ramuan berbahan Kelapa yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Terdapat 68 jenis ramuan obat berbahan kelapa yang dapat digunakan untuk berbagai macam pengobatan penyakit. Itulah kesimpulan dari artikel Farah Diba S.W., Jumari, dan Endah Dwi Astuti yang dimuat dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesehatan volume 2 no 1 April 2018.

Kelapa yang mempunyai nama latin ’Cocos nucifera’ merupakan marga Cocos dari suku aren-arenan. Dalam Bahasa Inggris namanya adalah ’coconut’. Kata ini sendiri ternyata berasal dari Bahasa Portugis dan Spanyol ’coco’ yang artinya ’kepala’ atau ’tengkorak’. Tumbuhan kelapa pada semua bagiannya dianggap bermanfaat.

Berita Terkait: Beragam Manfaat Tanaman Saga

Berita Terkait: FORNAS Tantangan Tata Kelola Obat Nasional


Hasil penelitian menemukan 68 jenis ramuan berbahan kelapa yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit, diantaranya: Gangguan pada pernafasan (14 ramuan), Gangguan mulut, pencernaan, dan ekskreksi (14 ramuan), Gangguan kulit (11 ramuan).

Perawatan wanita (8 Ramuan), Anti racun (5 ramuan), Demam (3 ramuan), Cacingan (3 ramuan), Pegal (3 ramuan), Ambeien (2 ramuan), Busung lapar (1 ramuan), Beri-beri, Kolera, Hipertensi, dan Hernia masing-masing (1 ramuan).

Dalam artikel tersebut diungkap bahwa bagian kelapa yang paling banyak dimanfaatkan sebagai obat adalah air kelapa dan daging kelapa dengan cara pembuatan ramuan obat yang sering digunakan adalah ditumbuk, diperas, dan disaring kemudian diminum. (Sumber: Dikutip dari Warta Litbangkes Kemenkes RI. Januari-Maret 2019 Volume 1, Halaman 6-7). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: