Peran PPUIN sebagai Agen Pembaharu dan Agen Pembangunan
Tanggal Posting : Jumat, 24 Mei 2019 | 02:17
Liputan : Redaksi - Dibaca : 378 Kali
Peran PPUIN sebagai Agen Pembaharu dan Agen Pembangunan
Para Peserta silaturahmi dan seminar kesehatan PPUIN di Bekasi, 23 Mei 2019

JamuDigital.Com. Perkumpulan PARICARA USADA INDONESIA (PPUIN) mengadakan silaturrahmi anggota, sekaligus Seminar Kesehatan dan Buka Puasa di Hotel Amarossa Grande Bekasi, 23 Mei 2019 dengan tema "Tips Diet Sehat Selama Berpuasa dan Berlebaran", dihadiri sekitar 70 peserta.

Materi seminar kesehatan disampaikan oleh Prof. DR. Herman Sudiman, SKM (Ahli Gizi Komunitas). Di sela-sela acara, Dewan Pengawas PPUIN, Erna Setiyawati, SE., S.Ag. Kes. mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada peserta yang sudah berkenan hadir.

Pokok-pokok materi yang dibawakan oleh Prof. DR. Herman Sudiman, SKM., antara lain: Pengertian sehat atau Batasan dalam diet, Puasa Ramadhan dan Jadwal Makan yang baik, Jenis makanan, Perkembangan budaya manusia, Mata pencaharian dan pola konsumsi makanan, Pengelompokan makanan berdasar kandungan zat gizi utama, Makanan Halal dan Thayyib.

Selajutnya, Ketua Harian PPUIN, Karoh menjelaskan tentang Profil Perkumpulan PARICARA USADA INDONESIA (PPUIN).

Disebutkan Maksud dan Tujuan (PPUIN) adalah Perkumpulan Paricara Usada Indonesia (PPUIN) mempunyai Maksud dan Tujuan yaitu menggali, mengembangkan serta memelihara kearifan budaya bangsa untuk meningkatkan profesionalisme.

Sedangkan Peran (PPUIN) adalah sebagai agen pembaharu (agent of change) dan agent pembangunan (agent of development) terutama dalam advokasi kesehatan tradisional, menuju kehidupan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Fungsi (PPUIN) disebutkan sebagai berikut: Mempersatukan seluruh anggota Perkumpulan, Menjunjung harkat, martabat dan kehormatan diri Perkumpulan serta pemberdayaan anggota dalam menggali, mengembangkan dan melestarikan kearifan budaya bangsa, Tercapainya peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi guna pengembangan kompetensi Anggota Perkumpulan sesuai dengan kearifan budaya bangsa, Menciptakan kesejateraan anggota, Meningkatkan kompetensi pelayanan kesehatan tradisional berbasis budaya bangsa, Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat guna menunjang terwujudnya kehidupan masyarakat sehat

Beragam Kegiatan (PPUIN), yaitu: Membina komunikasi, silaturahmi, dan kesetiakawanan sesama anggota perkumpulan, Memelihara dan membina terlaksananya kode etik serta dipatuhinya segala peraturan ketentuan yang berlaku oleh para anggota, Mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan profesi para anggota, penelitian dan pengembangan ilmu pengobatan tradisonal serta ilmu-ilmu yang berhubungan dengan pengobatan tradisional dan budaya bangsa.

Kegiatan lainnya berikut ini: Merancang, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pelatihan bagi anggota Perkumpulan, Membantu pemerintah dan masyarakat dalam memelihara/meningkatkan kesehatan seluruh rakyat Indonesia melalui peningkatan kesehatan tradisional dengan berbasis pada kearifan budaya Indonesia, Mensosialisasikan dan melestarikan warisan budaya bangsa dalam bidang kesehatan tradisional, Mengadakan pengawasan, memberikan perlindungan dan pembelaan kepada anggota terkait dengan pelaksanaan tugas organisasi maupun profesi, Memperjuangkan harkat, martabat profesi, nasib, kepentingan anggota, dan meningkatkan kesejahteraan anggota. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2019. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: