Serai Wangi Usir Nyamuk
Tanggal Posting : Sabtu, 3 Oktober 2020 | 08:40
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 1258 Kali
Serai Wangi Usir Nyamuk
Serai Wangi memiliki nama latin Cymbopogon nardus L. dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Serai dikenal pada umumnya sebagai bumbu dapur dengan aroma yang khas. Namun ternyata ada jenis Serai lainnya sebagai anti nyamuk yaitu Serai Wangi.

Memiliki nama latin Cymbopogon nardus L. Serai Wangi tumbuh subur di Indonesia. Serai Wangi juga banyak dibudidayakan terutama di Jawa karena kandungannya dapat dijadikan minyak atsiri.

Serai Wangi merupakan tumbuhan jenis rumput-rumputan yang memiliki kandungan kimia meliputi eugenol, citronellol, citronellal, geraniol, citral, α pinene, β-caryophyllene dan limonene. Senyawa kimia ini memiliki khasiat sebagai penolak nyamuk.

Berita Terkait: Beragam Manfaat Tanaman Saga

Berita Terkait: Manfaat Senyawa Aktif Brazilin Kayu Secang


Untuk mengusir nyamuk, Serai Wangi dapat digunakan dengan cara membakar daunnya karena asapnya tidak disukai oleh nyamuk.

Selain itu, daun Serai Wangi juga dapat ditumbuk dan dioleskan ke tubuh. Bagi yang tinggal didaerah perkotaan, Serai Wangi dapat ditanam di area pekarangan rumah. Bias juga daunnya diletakkan didalam ruangan.

Nyamuk pun enggan datang ke rumah karena khas Serai Wangi yang tidak disukai oleh nyamuk. (Sumber: Dikutip dari Warta Litbangkes April-Juni 2019 Vol. 2 Kemenkes RI., hal. 6-7). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: