Rumah Kreatif Ciptakan Minuman Herbal
Tanggal Posting : Sabtu, 19 Oktober 2019 | 16:26
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 130 Kali
Rumah Kreatif Ciptakan Minuman Herbal
Produk dari rumah kreatif Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Kamis, 17 Oktober 2019. Foto: www.timesindonesia.co.id.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Kreativitas dan inovasi tumbuh dan berkembang secara mengalir di rumah kreatif Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Warganya berhasil mencipakan produk-produk makanan dan minuman herbal.

Sejumlah produk makanan dan minuman herbal ini, dihasilkan Adib Nurdiyanto di rumah kreatif Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro.

Ia telah memproduksi tujuh minuman herbal di antaranya Teh Bougenville, Teh Kemangi, Teh Daun Kersen, Teh Daun Mangga, Saka Putih, Wedang Okra dan Sari Binahong.

Sedangkan, tiga produk inovasi makanan herbal antara lain Gethuk Oven, Kue Kering Okra dan Kerupuk Kulit Singkong.

"Setiap produk herbal minuman dan makanan ini memiliki manfaat yang berbeda-beda di antaranya minuman untuk stamina pria dan wanita, daya tahan tubuh, kesehatan dan lainnya," kata Adib, Kamis, (17/10/2019).

Selain produk makanan dan minuman herbal, rumah kreatif juga mendaur ulang aneka kerajinan berbentuk hewan dan bunga serta pupuk organik cair.

"Produk daur ulang ini muncul karena pola integrasi yang diterapkan dalam pengembangan inovasi," ucapnya.

Nah, untuk menampung sejumlah produk inovasinya, Adib bekerjasama dengan masyarakat setempat, mendirikan rumah kreatif. Rumah kreatif tersebut dikelola warga setempat dan menjadi wadah inovasi serta ide-ide kreatif mereka.

Pendirian rumah kreatif ini merupakan upaya warga dalam mewujudkan slogan Desa Mojodeso sebagai Sehat Mandiri Sejahtera. Menurutnya, sehat sebagai modal dasar keberlangsungan hidup, maka diciptakan berbagai produk berkhasiat bagi kesehatan.

Produk-produk makanan dan minuman herbal serta aneka kerajinan daur ulang, sudah diperjual belikan dan telah dinikmati berbagai kalangan masyarakat, terutama di Bojonegoro. 

"Hasil penjualan produk-produk inovasi rumah kreatif dimasukkan kas rukun tetangga sebagai pendapatan asli rukun tetangga (PART). PART ini digunakan untuk keperluan pemeliharaan taman lingkungan, bantuan dana untuk pengajian anjangsana dan kirab budaya dilingkup rukun tetangga," ujar Adib, pembina rumah kreatif.

Rumah kreatif berkonsep lingkungan ini telah mendapat penghargaann dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro. Selain digunakan warga untuk membuat produk herbal, rumah kreatif juga dimanfaatkan sebagai tempat pembelajaran bagi siswa, mahasiwa serta khalayak umum.

"Agar lebih bermanfaat, rumah kreatif berupaya menularkan ilmu ke beberapa desa lain. Sedangkan untuk wisata edukasi, rumah kreatif menjadi salah satu titik kunjungan paket wisata edukasi yang diselenggarakan Pokdarwis Desa Mojodeso," tuturnya. (Sumber: https://www.google.com/amp/s/amp.timesindonesia.co.id/read/189001/20181108/105445/rumah-kreatif-desa-mojodeso-ciptakan-inovasi-makanan-dan-minuman-herbal/). Redaksi JamuDigital.Com. 


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2019. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: