Ragam Khasiat Murbei
Tanggal Posting : Sabtu, 14 November 2020 | 08:06
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 378 Kali
Ragam Khasiat Murbei
Buah Murbei berkhasiat untuk tekanan darah tinggi, jantung berdebar (palpitasi), kencing manis, rasa haus, mulut kering, sukar tidur (insomnia), dan batuk berdahak.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Murbei memiliki nama latin Morus alba L. Tumbuhan yang sudah dibudidayakan ini menyukai daerah-daerah yang cukup basah seperti di lereng gunung, tetapi pada tanah yang berdrainase baik. Kadang ditemukan tumbuh liar.

Tumbuhan ini dibudidayakan karena daunnya digunakan untuk makanan ulat sutera. Daun muda enak disayur dan berkhasiat sebagai pembersih darah bagi orang yang sering bisulan. Perbanyakan dengan setek dan okulasi.

Sifat dan Khasiat

Daun berkhasiat untuk demam karena flu, malaria, batuk, sakit kepala, sakit tenggorok, sakit gigi, reumatik, darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes mellitus), kaki gajah (elephantiasis tungkai bawah), sakit kulit, bisul, radang mata merah (conjunctivitis acute), memperbanyak air susu ibu (ASI), keringat malam, muntah darah dan batuk darah akibat darah panas, kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia), serta gangguan pada saluran pencernaan.

Kulit akar berkhasiat untuk sakit gigi, tidak datang haid, batuk berdahak, sesak napas (asma), muka bengkak (edema), kencing yang nyeri dan susah (disuria), serta cacingan.

Berita Terkait: Khasiat Tanaman Salam untuk Kesehatan

Berita Terkait: Vitafem Free Me Obat Herbal Modern untuk PMS

Buah berkhasiat untuk tekanan darah tinggi, jantung berdebar (palpitasi), kencing manis, rasa haus dan mulut kering, sukar tidur (insomnia), batuk berdahak, pendengaran berkurang dan penglihatan kabur, telinga berdenging (tinnitus), tuli, pusing tujuh keliling (vertigo), hepatitis kronis, sembelit pada orang tua, kurang darah (anemia), neurastenia, sakit otot dan persendian, sakit tenggorok, serta rambut beruban sebelum waktunya.

Ranting berkhasiat untuk reumatik, tangan dan kaki terasa baal dan sakit, sakit pinggang (lumbago), keram pada tangan dan kaki, tekanan darah tinggi, serta menyuburkan pertumbuhan rambut.

Cara Pemakaian

Untuk obat yang diminum, rebus kulit akar (10-15 g)/ranting (15-30 g)/daun 6-10 lembar/buah (10-15 g).

Untuk pemakaian luar, lumatkan daun segar atau giling halus, kemudian turapkan ke tempat yang sakit, seperti luka, digigit ular dan serangga, atau untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Untuk penyimpanan, kukus buah atau potong tipis ranting atau kulit akar, lalu jemur sampai kering. (Sumber: Dikutip dari Buku Ayo Mengenal Tanaman Obat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian - Jakarta: IAARD Press, 2012, Halaman 31-32). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: