Ragam Khasiat Bunga Kenanga
Tanggal Posting : Rabu, 12 Mei 2021 | 06:43
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 512 Kali
Ragam Khasiat Bunga Kenanga
Bunga Kenanga memiliki beragam khasiat diantaranya: obat nyeri haid, aromaterapi dan bahan kosmetik.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Di balik keunikan bentuknya, Bunga Kenanga memiliki beragam khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita kenali lebih jauh mengenai ragam khasiat Bunga Kenanga ini.

Bunga kenanga merupakan bunga dari pohon kenanga (Cananga odorata) yang banyak tumbuh di beberapa negara Asia, termasuk di Indonesia. Sebagian besar manfaat Bunga Kenanga biasanya berasal dari kandungan minyak esensial di dalamnya.

Bunga Kenanga sudah lama digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum. Kini, Bunga Kenanga sering dimanfaatkan sebagai aromaterapi, karena minyak atsiri atau minyak esensial dan senyawa bioaktif yang ada di dalamnya diduga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan,

Tanaman yang merupakan anggota famili Annonaceae ini berperawakan pohon yang tinggi mencapai ± 19 m. Batang berkayu, bulat, bercabang, hijau kotor. Daun tunggal, tersebar, bulat telur, ujung runcing, pangkal rata panjang 10-23 cm, lebar 3-14 cm, pertulangan menyirip, bertangkai 1-1,5 cm, hijau.

Bunga majemuk, bentuk payung, di ketiak daun, kuning, kelopak bentuk corong, hijau, benang sari banyak, Cokelat muda, kepala putik bulat, daun mahkota enam, lanset, panjang 5-7,5 cm, masih muda hijau setelah tua kuning. Buah buni, lonjong panjang ± 2cm hijau.

Bunga kenanga berkhasiat sebagai obat nyeri haid, disamping itu bunganya untuk bahan kosmetika. Kandungan kimia Bunga Kenanga antara lain saponin, flavonoid dan polifenol, serta minyak atsiri. Salep minyak atsiri Bunga Kenanga basis hidrokarbon efektif sebagai repelan terhadap nyamuk Anopheles aconitus betina. (Sumber: Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI., Halaman 36-37). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: