Obat Herbal yang Kamu Minum Asli atau Palsu. Ini Aplikasinya
Tanggal Posting : Senin, 19 Juli 2021 | 09:27
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 164 Kali
Obat Herbal yang Kamu Minum Asli atau Palsu. Ini Aplikasinya
BPOM Mobile merupakan aplikasi berbasis Android dan Apple yang berfungsi untuk memastikan legalitas-nomor izin edar produk obat dan makanan.

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu. Untuk memastikan produk obat dan makanan yang akan kamu beli atau konsumsi telah memiliki izin edar kamu dapat cek izin edar produk obat dan makanan melalui fitur Cek NIE (Nomor Izin Edar) pada aplikasi BPOM Mobile.

Hal ini mengingat makin banyak produk obat serta makanan produksi, baik dari dalam negeri atau luar negeri. Oleh karena itu, sebagai masyarakat Indonesia hendaknya harus cerdas saat memilih makanan atau obat-obatan yang dijual secara bebas.

BPOM Mobile merupakan salah satu aplikasi berbasis Android dan Apple. Melalui aplikasi ini menampilkan data produk yang diperbolehkan beredar di Indonesia. Berbagai produk yang boleh beredar tersebut telah melalui proses evaluasi oleh Pre-Market.

Dikutip dari Infografis Instagram @bpom_ri. Berikut ini Tips cek izin edar produk Obat dan Makanan melalui fitur Cek NIE (Nomor Izin Edar) pada aplikasi BPOM Mobile:

  • Download dan install aplikasi BPOM pada layanan Google Play Store atau App Store
  • Selanjutnya buka aplikasi dan masuk ke dalamnya
  • Pada halaman utama, klik tombol “Cek NIE (Nomor Izin Edar)”. Setelah itu pilih Kategori. 
  • Dalam pemilihan Kategori Pencarian berdasarkan: Nomor Registrasi, Nama Produk/Nama Dagang, Nama Produsen/Pendaftar. Setelah itu masukan kata kuci pencarian. 
  • Selanjutnya data produk yang Anda maksud pun akan tampil secara lengkap

Dalam menggunakan aplikasi BPOM Mobile pastikan perangkat yang Anda gunakan terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Cara yang paling mudah ketika melakukan nomor BPOM dari suatu produk yakni dengan pengecekan menurut merek maupun nama produk.

Apabila nomor BPOM telah tertera pada kemasan produk, maka konsumen tinggal mencocokan keabsahan informasi produk tersebut. Sebab terdapat pula beberapa produk yang mempunyai BPOM palsu yang masih lolos di pasaran.

Dengan hadirnya aplikasi BPOM Mobile dapat menjadi terobosan terbaik untuk memudahkan bagi para pelaku usaha retail dalam memberikan edukasi. Selain itu, juga memberikan pemahaman bagi masyarakat dalam pengecekan keabsahan, untuk benar tidaknya label dan izin dari suatu produk. Sehingga konsumen akan lebih aman dalam menggunakan produk yang bersangkutan. (Sumber: Infografis Instagram @bpom_ri). Redaksi JamuDigital.Com 


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: