Nyeri Sendi Hilang dengan Kencur
Tanggal Posting : Senin, 5 April 2021 | 08:31
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 322 Kali
Nyeri Sendi Hilang dengan Kencur
Simak artikel dibawah ini untuk membuat ramuan meredakan nyeri sendi dengan kencur..

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Mengobati nyeri sendi dapat dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari cara modern hingga cara alami yang dapat menjadi pilihan. Salah satu yang dapat menjadi pilihan adalah dengan memanfaatkan kencur.

Kencur (Kaempferia galanga L.) dibeberapa daerah dikenal dengan ceuku (Aceh), kaciwer (Batak), cakue (Minangkabau), cikur (Sunda), kencor (Madura), cekur (Sasak), soku (Bima), hume pete (Gorontalo), cakuru (Makassar), ceku (Bugis), asuli (Ambon), bataka (Ternate).

Kencur merupakan terna tahunan, berbatang basal tidak begitu tinggi, lebih kurang 20 cm dan tumbuh dalam rumpun. Daun tunggal, berwarna hijau dengan pinggir merah kecoklatan bergelombang. Bentuk daun jorong lebar sampai bundar, panjang 7-15 cm, lebar 2-8 cm, ujung runcing, pangkai berlekuk, dan tepinya rata.

Kencur mengandung banyak zat dan senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya adalah pati, mineral, sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamfen, paraeumarin, asam anisat, alkaloid, dan gom. Etip p-metoksisinamat merupakan komponen utama dari kencur.

Sering kali peradangan pada persendian disertai dengan pembengkakan. Zat aktif yang terkandung pada kencur mampu mengurangi pembengkakan yang terjadi sekaligus menghilangkan rasa nyeri serta mengatasi peradangannya. Itulah sebabnya nenek moyang kita selalu mengoleskan kencur saat terjadi nyeri sendi, salah urat atau keseleo.

Cara pembuatan/penggunaan: 1 x 1 rimpang/hari. Bahan dihaluskan bersama beras dan air secukupnya, ditempelkan pada bagian yang sakit dan dibiarkan sampai kering.  (Sumber: Formularium Ramuan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Halaman 41). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: