Asuhan Mandiri Lansia, Melalui Kesehatan Tradisional dan TOGA
Tanggal Posting : Kamis, 27 Februari 2020 | 06:06
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 444 Kali
Asuhan Mandiri Lansia, Melalui Kesehatan Tradisional dan TOGA
Peserta Pelatihan Caregiver Lansia dalam Rangka Pembinaan Layanan Puskesmas yang Ramah Lansia di Depok, Rabu- 26 Februari 2020

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Dinas Kesehatan Depok bersama Centre of Ageing Studies (CAS) UI dan Centre of Family Development and Ageing Studies (CeFAS) Universitas Respati Indonesia mengadakan Pelatihan Caregiver Lansia dalam Rangka Pembinaan Layanan Puskesmas yang Ramah Lansia, di Depok- Jawa Barat pada Rabu, 26 Februari 2020.

Dalam pelatihan selama 3 hari ini, salah satu materi yang disampaikan adalah tentang Asuhan Mandiri Lansia dengan Kesehatan Tradisional, dengan Tanaman Obat Keluarga/Jamu yang dipresentasikan oleh DR (Cand.) Dr. Inggrid Tania, M.Si. -Kandidat Doktor Filsafat Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia, Ketua Umum PDPOTJI (Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia.

Dr. Inggrid Tania yang juga Sekretaris Bidang Pengembangan Pelayanan Primer IDI Wilayah DKI Jakarta, Bidang Kajian Herbal dan Pengobatan Tradisional- Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PP PDUI) ini, menjelaskan bahwa persentase lansia yang melakukan tindakan mengobati sendiri lumayan besar, mereka cenderung memilih pengobatan alami, terutama untuk mengatasi gangguan kesehatan ringan. Maka Jamu menjadi pilihan utama dari lansia dalam rangka menjalani proses menua yg sehat (healthy ageing).

Pembentukan kelompok asuhan mandiri di kalangan lansia akan membina para lansia bersosialisasi satu sama lain, saling belajar bersama tentang kesehatan tradisional, secara bersama-sama menekuni hobby menanam di Taman Obat Keluarga (TOGA) serta mengolah dan  memanfaatkan tanaman obat menjadi ramuan-ramuan Jamu. Sehingga hidup mereka menjadi lebih produktif, bahagia dan sehat.

"Pelatihan dilengkapi dengan sharing beberapa ramuan Jamu untuk meningkatkan vitalitas/stamina pada lansia dan mengatasi gangguan ringan. Juga pemutaran video fisioterapi dan Qi Gong. Semuanya bisa dilakukan secara mandiri oleh lansianya dan oleh caregivernya," ungkap dr. Inggrid Tania kepada Redaksi JamuDigital.Com

Paradigma Indonesia Sehat

Menurut data BPS, pada tahun 2045 jumlah penduduk lanjut usia (lansia) akan mencapai 63,31 juta penduduk atau hampir mencapai 20% populasi. Sedangkan menurut data PBB: lansia Indonesia akan mencapai 25% pada tahun 2050 atau 74 juta lansia.

Untuk itu, perlu kesadaran untuk hidup sehat. Program Indonesia Sehat, terdiri dari: Pilar 1, Paradigma Sehat; Pilar 2, Penguatan, Yankes; Pilar 3. JKN. Pilar Paradigma sehat: Diutamakan Promotif dan Preventif, Pemberdayaan masyarakat,  Sasaran utama Keluarga.

Dr. Inggrid Tania menambahkan bahwa asuhan mandiri pemanfaatan TOGA dan Akupresur adalah upaya untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan mengatasi masalah/gangguan kesehatan ringan secara mandiri oleh individu dalam keluarga, kelompok atau masyarakat, dengan memanfaatkan TOGA dan akupresur.

Berita Terkait: Edukasi Jamu di Sekolah Unggulan MHT Jakarta

Kenapa dengan TOGA? Murah, aman dan mudah di dapat karena ada disekitar kita, Dapat meningkatan asupan gizi keluarga, Menciptakan keindahan dan penghijauan lingkungan, Untuk melestarian warisan budaya bangsa, Menggalian jenis tanaman lokal asli daerah setempat/tanaman langka yang berkhasiat obat, Menambah pendapatan keluarga.

Kenapa dengan Akupresur? Aman dan mudah dilakukan untuk diri sendiri maupun untuk keluarga (dengan titik-tik yang terpilih), Akupresur dapat mencegah dan mengatasi ganguan kesehatan ringan yang ada di masyarakat, Memelihara dan Meningkatkan daya tahan tubuh, Memulihkan kesehatan, Aman, bermanfaat dan dapat dilakukan sendiri (asuhan mandiri). Redaksi JamuDigital.Com.

 

 


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: