Koordinasi Lintas Sektor Kunci Pengembangan Jamu
Tanggal Posting : Rabu, 15 Juli 2020 | 21:13
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 226 Kali
Koordinasi Lintas Sektor Kunci Pengembangan Jamu
Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional,Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan POM, Dra. Mayagustina Andarini, Apt., M.Sc. saat memandu FGD.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Ada tiga kesimpulan  ketika Badan POM mengadakan Webinar FGD dan BimTek (Bimbingan Teknis) UMKM Jamu dan Usaha Jamu Gendong, dengan tema: "Digitalisasi Pemasaran Jamu"- dilaksanakan pada 15 Juli 2020.

Ketiga kesimpulan itu adalah:

  • Perlu dilakukan lagi koordinasi lintas sector, termasuk dengan Pemda setempat yang berfokus dalam pengembangan dan pendampingan UMKM Obat Tradisional.
  • Terbentuk komitmen yang kuat pada semua stakeholder yang terlibat dalam pengembangan Jamu dan UMKM Obat Tradisional.
  • Adanya tindak lanjut dari masing-masing Kementerian/Lembaga untuk membuat program yang mendukung dalam pengembangan UMKM Obat Tradisional.

Kegiatan ini, dalam rangka Pemberdayaan UMKM, dan Usaha Jamu Gendong untuk Menjamin Keamanan Produk dengan Memenuhi Sanitasi Higiene dan Dokumentasi.

Peserta: UMKM Jamu dan Usaha Jamu Gendong di Provinsi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Banten.

FGD dipandu oleh Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan POM, Dra. Mayagustina Andarini, Apt., M.Sc. dan Direktur Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan Badan POM, Drs. M. Suhendri, Apt., M.Farm.- banyak stakeholders yang memberikan masukan, sehingga banyak gagasan sebagai alternatif solusi bermunculan.

Mereka yang menjadi narasumber: dari Kantor Kemenko PMK menyajikan makalah "Jamu sebagai Warisan Budaya" dibawakan oleh Plt. Asisten Deputi Warisan Budaya, Dwi Harjanto Muhamad.

Leya Cattleya- dari Komunitas EMPU-Komunitas Serat dan Feysen Bekelanjutan-  memaparkan tema "Potret Jamu Gendong Masa Kini" Bagaimana Usaha Ekonomi Pinggiran ini Bisa Merebut Kesempatan?

Dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta, Srie Nurkyatsiwi membahas "Harapan UMKM". Dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengupas "Usaha Jamu Gedong di Provinsi DKI Jakarta". Dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyajikan makalah "Pembinaan Usaha Jamu Gendong dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarat."

Berita Terkait: BPOM Adakan BimTek Jamu, Digitalisasi Pemasaran Jamu 

Berita Terkait: Jamu Jaya di Negeri Sendiri dan Potensial Diekspor 

Martin BPOM

Keterangan Foto: Direktur Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan Badan POM, Drs. M. Suhendri, Apt., M.Farm. saat memandu FGD.

Hasil Pembahasan Sebagai Berikut:

  • Adanya pengembangan pembuatan jamu dengan bahan baku ekstrak yang dapat dibeli dari IEBA dalam rangka menjamin konsistensi mutu dan kualitas produk.
  • Profil penjual jamu gendong dengan latar belakang usia, pendidikan dan ekonomi yang beragam membutuhkan pelatihan.
  • Dari penjual jamu gendong berharap dapat memiliki akses untuk penyediaan botol sekali pakai
  • Pada masa Pandemi Covid-19, penjual Jamu gendong kesulitan dalam mengakses pelanggan karena kebijakan PSBB sehingga banyak akses jalan yang ditutup
  • Asosiasi jamu dapat memberikan pelatihan cara pembuatan jamu yang higienis juga teknik dan strategi pemasaran kepada anggotanya.
  • Koordinasi dengan lintas sektor tekait untuk menjamin ketersediaan bahan baku sesuai dengan kualitas standar. KUKM memiliki inovasi terkaitjamu gendong contohnya inovasi kemasan produk dalam kaleng, penyajian jamu gendong di wilayah wisata menggunakan wadah batok kelapa.
  • Menggandeng mitra dalam melakukan penjualan secara online melalui stimulus free ongkir, pelatihan secara online.
  • Telah dilakukan jadwal secara rutin di setiap puskesmas di setiak kecamatan di DKI.
  • Adanya display Pojok Jamu yang menerima konsultasi di setiap puskesmas tingkat kecamatan
  • Kendala keterbatasan SDM di Sudinkes, tidak adanya Pembinaan kepada pelaku usaha jamu gendong, dan belum ada peraturan perizinan usaha jamu gendong
  • Dibutuhkan pengembangan bahan baku yang difasilitasi oleh Pemerintah. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: