Khasiat Lempuyang Wangi Meredakan Masuk Angin
Tanggal Posting : Kamis, 25 November 2021 | 08:58
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 141 Kali
Khasiat Lempuyang Wangi Meredakan Masuk Angin
Simak yuks artikel dibawah ini untuk mengetahui khasiat dari Lempuyang Wangi untuk meredakan masuk angin.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Sebagian masyarakat Indonesia mungkin belum mengetahui tentang tanaman Lempuyang Wangi. Padahal, manfaat Lempuyang Wangi bagi kesehatan tidaklah sedikit, salah satunya untuk meredakan masuk angin.

Lempuyang Wangi (Zingiber aromaticum Valeton) dibeberapa daerah dikenal dengan merupakan tanaman semak semusim berbatang semu. Batangnya merupakan perpanjangan pelepah daun yang berbentuk bulat. Daun Lempuyang Wangi mempunyai susunan tunggal berseling, berwarna hijau, berbentuk bulat telur panjang, ujungnya meruncing, dan bagian tepi rata.

Rangkaian bunga tanaman berbentuk tandan yang muncul dari batang dalam tanah, yang berwarna hijau atau hijau kemerahan/keunguan. Bagian tanaman yang banyak dimanfaatkan adalah bagian rimpang.

Beberapa riset menunjukkan bahwa Lempuyang Wangi mengandung zat zerumbon yang memiliki efek antioksidan, antiradang, antidiabetes, antibakteri, dan antikanker. Selain itu, Lempuyang Wangi juga kaya akan berbagai zat dan nutrisi berikut ini: Antioksidan polifenol dan flavonoid, Karbohidrat, Protein, Serat, Kalium, Magnesium, Kalsium dan Vitamin C.

Menurut tinjauan ilmiah, Zerumbon suatu senyawa seskuiterpen yang terdapat pada tanaman Zingiberaceae, telah terbukti memiliki efek antiradang dalam beberapa penelitian independen. Hasil penelitian Murakami dkk (2004) menunjukkan bahwa zerumbon meningkatkan produksi sitokin proinflamasi dalam jaringan kanker pada usus besar manusia.

Cara pembuatan/penggunaan: 2 x 1 ibu jari/hari. Bahan dimemarkan, rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas, dibagi menjadi 2 bagian. (Sumber: Formularium Ramuan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Tahun: 2017 Halaman 75). Redaksi JamuDigital.Com  


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: