Khasiat Kembang Sepatu Luruhkan Batu Ginjal
Tanggal Posting : Selasa, 27 Juli 2021 | 12:03
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 266 Kali
Khasiat Kembang Sepatu Luruhkan Batu Ginjal
Simak artikel dibawah ini, cara meluruhkan batu ginjal dengan meramu tanaman Kembang Sepatu.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Jika mendengar Kembang Sepatu atau Hibiscus rosa-sinensis L. yang terbesit di pikiran kita adalah bunga cantik dengan mahkota yang lebar. Tak hanya mempercantik pekarangan bunga Kembang Sepatu juga telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional, salah satunya meluruhkan batu ginjal.

Kembang Sepatu dibeberapa daerah dikenal dengan Bungong roja (Aceh); Bunga-bunga (Batak Karo); Soma-soma (Nias); Bekeju (Mentawai); Jawa: Kembang sepatu (Betawi); Kembang wera (Sunda); Kembang sepatu (Jawa Tengah); Bunga rebong (Madura); Sulawesi: Ulange (Gorontalo); Kulango (Buol); Bunga cepatu; (Makasar) Bunga bisu (Bugis); Ternate-Tidore: Ubu-ubu (Ternate); Bala bunga (Tidore).

Bunga jenis ini terdiri dari 5 helai daun kelopak, yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx), sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima.

Pada umumnya tinggi tanaman sekitar 2 sampai 5 meter. Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing. Di daerah tropis atau di rumah kaca tanaman berbunga sepanjang tahun, sedangkan di daerah subtropis berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur.

Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Tanaman berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.

Belum banyak yang mengetahui khasiat Kembang Sepatu terutama dari kandungannya. Bagian bunga tanaman ini diketahui kaya dengan kandungan glucoside, hibiscin, peptin, gossy, anthocyanin dan asam amino.

Bagian daun dan akarnya juga mengandung protein, peroxidase, calcium oksalat dan lemak. Tanaman ini juga diketahui banyak mengandung mineral asam. Diantaranya ada asam sitrat, asam tartarat, asam malat dan allo-hidroksisitrat lakton asam.

Penyiapan dan Dosis: 40 lembar daun Kembang Sepatu dan 1 gelas Air.  Daun Kembang Sepatu diperas dengan air matang lalu disaring. Air hasil perasan diminum sampai habis. (Sumber: Buku "Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia VOL I Badan POM" tahun 2011, Hal. 27-28). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: