Khasiat Daun Sirih Obati Sakit Tenggorokan
Tanggal Posting : Rabu, 26 Mei 2021 | 07:24
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 346 Kali
Khasiat Daun Sirih Obati Sakit Tenggorokan
Daun Sirih dapat dikonsumsi sebagai antiseptik untuk mengobati sakit tenggorokan.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Ketika bermasalah dengan sakit tenggorokan, aktivitas apapun yang berhubungan dengan menelan memang akan sangat menyulitkan. Ada beberapa cara alami yang sebenarnya bisa Anda coba untuk meredakan sakit tenggorokan. Salah satu yang disebut paling efektif adalah minum air rebusan Daun Sirih.

Daun Sirih memiliki nama latin Piper bettle L. Daun Sirih merupakan jenis tanaman merambat yang termasuk dalam famili Piperaceae. Tanaman Sirih memiliki banyak nama seperti ranub (Aceh), belo (Batak), uwit (Dayak), suruh (Jawa), sere (Madura), gapura (Bugis), dan amu (Ambon).

Komponen utama dalam Daun Sirih adalah saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri. Daun Sirih dapat digunakan sebagai anti bakteri karena mengandung 4,2% minyak atsiri yang sebagian besar terdiri dari betephenol, caryophyllen (sisquiterpene), kavikol, kavibetol, estragol, dan terpen.

Daun Sirih dapat dikonsumsi sebagai antiseptik untuk mengobati sakit tenggorokan, dapat dilakukan dengan mengunyah beberapa lembar Daun Sirih. Sedangkan untuk pengobatan luar sebagai analgesik, Daun Sirih dihancurkan hingga menjadi pasta dan dioleskan pada bagian yang sakit.

Cara Pembuatan/Penggunaan:
3 x 2 daun/hari. Bahan dihaluskan, tambah air mendidih 1/2 cangkir, diamkan sampai hangat, saring dan kumur-kumur selama 1 menit. (Sumber: Formularium Ramuan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Tahun 2017, Halaman 35). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: