Khasiat Daun Inggu Obati Vertigo
Tanggal Posting : Jumat, 19 Februari 2021 | 07:25
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 936 Kali
Khasiat Daun Inggu Obati Vertigo
Daun Inggu termasuk tanaman semak yang memiliki manfaat mengobati vertigo.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Manfaat Daun Inggu selama ini lebih sering diambil untuk campuran jamu. Jika Anda termasuk orang yang senang minum jamu tentu sering merasakan cita rasa Daun Inggu yang agak sepat, sangir dan sedikit pahit.

Daun Inggu dihasilkan dari tanaman Inggu (Ruta angustifolia Pers.) yang masih dalam keluarga tumbuhan Rutaceae yang memiliki manfaat dapat mengobati vertigo. Daun Inggu dibeberapa daerah memiliki sebutan arunda (Melayu), inggu (Sunda), godong minggu (Jawa Tengah), dan anruda busu (Makassar).

Daun Inggu termasuk tanaman semak dengan tinggi bisa mencapai 1,5 meter. Daun inggu majemuk menyirip ganda dengan warna hijau muda, sedangkan batangnya berbentuk silindris ramping dengan banyak cabang.

Bentuk bunganya juga majemuk dengan mahkota berwarna kuning dan berbentuk mangkok. Untuk bentuk buahnya kecil dan lonjong berwarna cokelat yang tersusun 4-5 kotak.  Daun Inggu diketahui mengandung berbagai bahan kimia, seperti glukosida, rutin, fenol, kokusaginin, skimianin, ester, zat samak, dan beragapten.

Kandungan kimianya yang sangat banyak dalam tanaman ini membuatnya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah vertigo. Berikut ini ramuan untuk mengobati vertigo dengan menggunakan Daun Inggu.

Cara pembuatan/penggunaan: 1 x 5 g herba/hari. Bahan dihaluskan, ditempelkan pada pelipis, biarkan sampai kering. (Sumber: Formularium Ramuan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Halaman 10). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: