Khasiat Cabe Jawa Turunkan Demam
Tanggal Posting : Rabu, 21 Juli 2021 | 08:22
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 210 Kali
Khasiat Cabe Jawa Turunkan Demam
Berikut Ini cara meramu Cabe Jawa untuk turunkan demam.

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu. Obat tradisional berbahan herbal seperti Cabe Jawa atau Piper retrofractum Vahl adalah ramuan yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, terutama untuk penurun demam.

Cabe Jawa merupakan satu jenis tanaman dengan zat tambahan lainnya yang bersifat inert/netral. Cabe Jawa ini telah terdaftar sebagai obat herbal dalam Formularium Ramuan Obat Tradisonal yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Tumbuhan/tanaman Cabe Jawa ini memiliki nama lain di beberapa daerah seperti: Sumatera: lada panjang, cabai panjang; Jawa: cabean, cabe alas, cabe areuy, cabe sula; madura cabhi jhamo, cabe ongghu, cabe solah; Sulawesi: cabia (Makassar).

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan obat asli Indonesia yang sudah memiliki bukti keamanan (LD50) dan manfaatnya terbukti secara empiris. Manfaat dari tanaman Cabe Jawa ini adalah untuk demam. Sedangkan untuk bagian dari tanaman Cabe Jawa yang digunakan adalah bagian buah.

Menurut Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia yang dikeluarkan Kemenkes, larangan menggunakan tanaman Cabe Jawa ini adalah alergi. Selain itu, efek samping dari tanaman Cabe Jawa adalah belum dilaporkan.

Penyiapan dan Dosis: 2 x 3-4 g buah/hari. Bahan dihaluskan menjadi serbuk, seduh dengan 1 cangkir air mendidih, diamkan, diminum selagi hangat. (Sumber: Buku "Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia VOL III Badan POM" tahun 2013, Hal. 17-18). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: