Khasiat Buah Belimbing Obati Diabetes
Tanggal Posting : Rabu, 16 Juni 2021 | 07:22
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 261 Kali
Khasiat Buah Belimbing Obati Diabetes
Buah Belimbing memiliki kandungan kimia dengan aktifitas antidiabetes: ascorbic-acid, copper, fiber, magnesium, manganese, zinc, arginine.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Tak hanya enak dan segar dikonsumsi, buah Belimbing juga punya segudang khasiat untuk kesehatan. Satu di antara khasiat buah Belimbing adalah meningkatkan kontrol gula darah, cocok dikonsumsi penderita Diabetes.

Buah Belimbing memiliki nama latin Averrhoa carambola L. Dibeberapa daerah buah Belimbing dikenal dengan Asam jorbing (Batak), belimbing manis (Melayu), belimbing manih (Minangkabau), belimbing legi (Jawa), bilimbing amis (Sunda), bhalimbhing manes (Madura).

Buah Belimbing tumbuh serta ditanam di hampir semua daerah tropis yang beriklim panas dan lembab. Di Indonesia terutama tumbuh di Jawa dengan ketinggian kurang dari 500 m diatas permukaan laut. 

Dengan curah hujan tinggi dan mendapat cukup cahaya matahari. Umumnya tanaman berbunga pada akhir musim hujan dan buah masak pada bulan-bulan kering dalam musim kemarau. Pohon buah Belimbing tingginya sampai 12 m. 

Percabangan banyak, arahnya agak mendatar sehingga pohon ini rindang. Daun majemuk, menyirip, bulat telur, ujung runcing, pangkal membulat, tepi rata, permukaan mengkilat di bagian atas dan permukaan bawah buram dengan bulu yang menyebar. 

Buah berusuk lima, bila dipotong melintang berbentuk bintang, panjang 4 cm sampai 12,5 cm. rasa buah manis sampai asam. Biji putih kotor kecoklatan, gepeng, bentuk elips dengan kedua ujung lancip. Masa berbunga sepanjang tahun.

Buah Belimbing memiliki kandungan kimia asam oksalat (0,3%), monosakarida/polisakarida, karotenoid, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B dan C. Kandungan kimia dengan aktifitas antidiabetes: ascorbic-acid, copper, fiber, magnesium, manganese, zinc, arginine.

Menurut efek farmakologi, pengujian terhadap efek hipoglikemia dilakukan pada kelinci putih normal, hasil pengujian menunjukan bahwa buah Averrhoa cararmbola mempunyai efek hipoglikemi pada pemberian sari buah dengan dosis tertentu secara oral.

Penyiapan dan Dosis: Dua buah segar yang masak atau masih hijau dimakan setelah makan pagi dan sore. (Sumber: Buku “Acuan Sediaan Herbal Volume Ketiga Edisi Pertama”, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI., Tahun 2007, Halaman: 65-66). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: