Khasiat Biji Klabet Melancarkan ASI
Tanggal Posting : Kamis, 10 Juni 2021 | 09:49
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 206 Kali
Khasiat Biji Klabet Melancarkan ASI
Biji Klabet selain dapat melancarkan ASI ternyata juga mengandung antioksidan.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Klabet adalah tanaman herbal yang termasuk ke dalam keluarga Fabaceae. Nama ilmiah tanaman ini adalah Trigonella foenum-graecum. Penelitian yang dilakukan para ahli herbal menemukan bahwa biji Klabet dapat membantu meningkatkan hormon oksitosin yang berguna memperlancarkan ASI.

Tanaman ini berasal dari kawasan Timur Tengah dan Mediterania. Terdapat segudang manfaat menakjubkan yang melekat pada biji klabet. Manfaatnya sangat erat kaitannya dengan kandungan zat yang ada di dalamnya. 

Klabet mengandung zat-zat yang sangat komplit baik zat gizi makro maupun mikro. Kandungan yang ada pada biji ini adalah serat, karbohidrat, protein, lemak tidak jenuh, vitamin B kompleks, dan beberapa mineral. 

Vitamin B kompleks yang ada di dalam biji ini di antaranya adalah vitamin B1, B2, B3, B6, dan B9 (folat). Beberapa kandungan mineral pada Klabet ini diantaranya adalah kalsium, potasium, fosfor, zat besi, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan selenium. Biji ini juga mengandung saponin yang kaya manfaat untuk kesehatan. 

Satu lagi kandungan penting yang ada di dalam Klabet adalah antioksidan. Biji ini mengandung beberapa jenis antioksidan, di antaranya adalah kolin, trigonelline, apigenin, luteolin, gitogenin, yamogenin, diosgenin, dan tigogenin.

Cara Pembuatan/Penggunaan:

3 x 2 g serbuk biji/hari. Biji dihaluskan menjadi serbuk, seduh dengan 1 cangkir air mendidih, diamkan, saring dan diminum selagi hangat. (Sumber: Formularium Ramuan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Tahun 2017, Halaman 55). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: