Kenali Manfaat Srikaya untuk Kesehatan
Tanggal Posting : Senin, 2 November 2020 | 09:57
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 2046 Kali
Kenali Manfaat Srikaya untuk Kesehatan
Daun Srikaya digunakan untuk mengobati batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi, diare, disentri, cacingan, dan kutu kepala.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Srikaya termasuk pohon buah-buahan kecil yang tumbuh di tanah berbatu, kering, dan terkena cahaya matahari langsung. Tumbuhan yang asalnya dari Hindia Barat ini akan berbuah setelah berumur 3-5 tahun. Srikaya sering ditanam di pekarangan, dibudidayakan, atau tumbuh liar. Perbanyakan dengan biji.

Sifat dan Khasiat

Akar rasanya pahit, sifatnya dingin. Akar berkhasiat antiradang dan antidepresi. Akar digunakan untuk mengatasi sembelit, disentri akut, depresi mental, dan nyeri tulang punggung. Daun rasanya pahit, kelat, sifatnya sedikit dingin.

Daun digunakan untuk mengobati batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi, diare, disentri, cacingan, kutu kepala, dan pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, skabies, dan kudis.

Biji digunakan untuk mengobati pencernaan lemah, cacingan, serta mematikan kutu kepala dan serangga. Buah muda digunakan untuk mengatasi diare, disentri akut, dan gangguan pencernaan (atonik dispepsia). Kulit batang digunakan untuk mengatasi diare, disentri, dan luka berdarah.

Berita Terkait: Manfaat Minyak Atsiri untuk Kesehatan

Berita Terkait:  OMAI Phalecarps, Obat Herbal Kanker Payudara


Cara Pemakaian
Untuk pemakaian luar, rebus daun, lalu gunakan airnya untuk mencuci luka dan borok. Cara lain, giling biji menjadi bubuk dan gunakan untuk membasmi kutu kepala, kutu anjing, dan serangga. Gunakan juga buah masak untuk pengobatan bengkak karena memar dan abses.

Contoh Pemakaian
- Borok, bisul keras: Cuci bersih daun segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit garam, gunakan untuk menurap borok atau bisul kemudian balut. Dalam sehari, ganti 2-3 kali.

- Tiba-tiba pingsan, menenangkan penderita histeris: Cuci bersih daun segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita agar baunya terhisap oleh penderita.

- Membasmi kutu anjing: Rebus daun atau biji srikaya yang ditumbuk halus, tambahkan air secukupnya, lalu saring. Airnya digunakan untuk memandikan anjing.

- Cacingan pada anak: Cuci bersih daun srikaya segar (15 lembar), lalu rebus dengan 5 gelas air sampai tersisa menjadi 3 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum 3 kali sehari, masingmasing 1 gelas.

- Gangguan pencernaan: Cuci bersih daun segar secukupnya, lalu giling halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, kemudian tempelkan pada perut.

Catatan

  • Ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya.
  • Hati-hati jika minum rebusan biji, kulit batang, dan akar srikaya karena mengandung racun.
  • Hanya digunakan dibawah pengawasan herbalis berpengalaman. (Sumber: Dikutip dari Buku Ayo Mengenal Tanaman Obat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian - Jakarta: IAARD Press, 2012, Halaman 49-50). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: