Kampung Toga Turi Putih Miliki Ratusan Jenis Tanaman Obat
Tanggal Posting : Rabu, 4 Desember 2019 | 06:58
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 130 Kali
Kampung Toga Turi Putih Miliki Ratusan Jenis Tanaman Obat
Gerbang masuk Kampung Toga Turi Putih di Desa Kebonagung, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Foto: www.timesindonesia.co.id.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESA. Kampung Toga Turi Putih di Desa Kebonagung, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar cocok dikunjungi bagi anda yang ingin menambah pengetahuan manfaat berbagai tanaman obat. Pasalnya, kampung ini memiliki ratusan jenis tanaman obat keluarga (toga) mulai dari kumis kucing hingga stevia.

Di Kampung Toga Turi Putih, pengunjung juga akan menemukan berbagai olahan tanaman herbal dalam bentuk teh, sirup dan permen.

"Awalnya saya melihat melimpahnya tanaman empon-empon yang tidak begitu dimanfaatkan oleh masyarakat. Dari situlah saya punya ide untuk mengembangkan berbagai macam toga," ujar Nur Tajiaturrohmah, penggagas Kampung Toga Turi Putih pada 2 Desember 2019.

Selain itu, inisiatif mendirikan Kampung Toga muncul karena keprihatinannya terhadap kebiasaan masyarakat yang selalu bergantung pada obat-obatan kimia.

Masyarakat sekarang, menurutnya, lebih memilih pergi ke layanan kesehatan medis meskipun terkadang masalah kesehatan yang dialami tidak terlalu berat.

"Ide untuk membuat minuman herbal, awalnya saya menampung dari kebun kosong tetangga, saya suruh bawa ke tempat saya. Dari situlah warga mau ngopeni tanaman-tanaman toga tersebut," ujar Nur.

Dikatakan Nur, salah satu tanaman herbal yang menjadi ikon di kampung toga tersebut tentunya adalah tanaman turi putih. Selain itu, pengunjung bisa mencicipi berbagai olahan sehat dan lezat yang tentu saja dibuat dari tanaman obat keluarga yang ada disana.

"Di sini kita bisa tahu tentang manfaat tanaman toga mulai dari akar hingga daunnya. Pengunjung juga akan mendapatkan pengetahuan baru seperti prosedur penanaman toga yang benar," jelasnya.

Setiap tanaman di Kampung Toga Turi Putih dilengkapi keterangan nama beserta khasiatnya. Jika ada warga sekitar yang menderita penyakit mereka bisa mengambil serta menggunakan tanaman obat yang ada di Kampung Toga Turi Putih secara gratis. (Sumber berita: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/240679/kampung-toga-turi-putih-blitar-miliki-ratusan-jenis-tanaman-obat). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: