Efek Konsumsi Gula Berlebihan Terhadap Kesehatan Tubuh
Tanggal Posting : Rabu, 29 Juni 2022 | 08:17
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 78 Kali
Efek Konsumsi Gula Berlebihan Terhadap Kesehatan Tubuh
Tingginya konsumsi gula harian bisa menyebabkan tingginya kadar gula darah.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Gula merupakan zat yang akrab dalam konsumsi harian kita. Mulai makanan hingga minuman  memiliki kadar gula yang tinggi. Rata-rata orang Amerika mengkonsumsi 22 sendok teh gula tambahan dalam sehari yang berarti menambah 350 kalori dalam sehari.

Gula tambahan paling banyak didapat dari makanan olahan seperti makanan ringan memiliki gula berlebih atau sereal yang dikonsumsi saat sarapan pagi merupakan kandidat tertinggi di Amerika. 

Menurut dr. Perdana Rezha di Web RS Jantung Harapan Kita, AHA (American Heart Association) menyarankan konsumsi gula untuk orang laki-laki adalah sekitar 9 sendok teh, dan orang perempuan sebesar 6 sendok teh dalam sehari. 

Sebaiknya mulai lah menghitung dan memperhatikan konsumsi gula harian anda. Sebab 1 gram gula mengandung 4 kalori. Dalam satu kemasan makanan ringan-minuman ringan mengandung 3 gram gula sehingga komponen gula di makanan mengandung 12 kalori.

Tingginya konsumsi gula harian bisa menyebabkan tingginya kadar gula darah yang  membuat hormon insulin yang bertugas menanggulangi gula dalam tubuh menjadi tidak sensitif terhadap gula.

Akibatnya kadar gula darah tinggi yang memunculkan penyakit kencing manis (diabetis). Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar-Kemenkes 2018, prevalensi Kencing manis (DM tipe II) usia > 15 tahun di Indonesia mencapai 2 %.

Dengan besarnya prevalensi tersebut dapat membuat angka komplikasi jantung terkait dengan DM juga meningkat.

DM memicu komplikasi-komplikasi penyakit lainnya seperti Sindrom koroner akut dengan DM memiliki angka kematian yang meningkat dibanding dengan orang dengan sindrom koroner akut tanpa DM.

Selain itu, DM dapat mempengaruhi fungsi ginjal yang dalam waktu tertentu membuat fungsi penyaringan di ginjal jadi rusak sehingga memerlukan cuci darah.

Ginjal yang rusak mempengaruhi penyerapan obat-obatan sehingga kerja obat obatan menjadi tidak maksimal. Maka dari itu perlu menjaga asupan gula tambahan harian agar terhindar penyakit kencing manis. (Sumber Berita: https://www.obatnews.com/healthy-food/pr-4463768140/efek-konsumsi-gula-terhadap-tubuh-dapat-menimbulkan-gangguan-kesehatan?page=2 ). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: