Edukasi Herbal kepada Kader POSYANDU di Banyumas
Tanggal Posting : Senin, 15 Oktober 2018 | 06:20
Liputan : Redaksi - Dibaca : 861 Kali
Edukasi Herbal kepada Kader POSYANDU di Banyumas
Pengenalan TOGA kepada Kader POSYANDU di Banyumas

JamuDigital.Com. Edukasi tentang herbal dan pemanfaatannya untuk kesehatan akan lebih cepat meluas jika dilakukan kepada tenaga kesehatan, penyuluh kesehatan, termasuk para kader POSYANDU yang berada di wilayah RT-RT.

Terkait dengan hal di atas, Dinas Kesehatan, Kabupaten Banyumas, Puskesmas Sumbang 2, Kecamatan Sumbang bekerjasama dengan Griya Sehat Nektaria Honey, Purwokerto mengadakan kegiatan Pengenalan TOGA pada Sabtu, 13 Oktober 2018 di Aula Puskesmas Sumbang 2, Banyumas.

Menurut Mochamad Subechan- Pimpinan Nektaria Honey- yang juga Wakil Ketua Umum PPKESTRAJAMAS (Perkumpulan Profesi Kesehatan Tradisional Jamu Nasional) menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh kader POSYANDU Desa Se-Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.

"Pada kegiatan ini kami presentasikan tentang pengertian TOGA dan obat tradisional, cara membuat sediaan obat tradisional, praktek membuat sediaan jamu. Serta penjelasan PP. Nomor 103, tentang Pelayanan Kesehatan Tradisioanl dan PMK Nomor 37 tahun 2017 tentang Pelayanan KESTRAD INTEGRASI," urai Moachamad Subechan kepada Redaksi JamuDigital.Com.

Lebih lanjut Mocahmad Subechan menambahkan bahwa pihak Puskesmas akan mengadakan sosialisasi lebih luas kepada semua OPD (organisasi pemerintah daerah) seluruh aparat desa, aparat kecamatan dan PKK di bawah koordinasi Puskesmas.

Juga akan membuka pelayanan pojok Jamu sebagai salah satu pelayanan integrasi sesuai PMK Nomor 37 tahun 2017. Membentuk POKJA/kelompok Jamu di masing-masing Desa, membuat TOGA. "Ini sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan mandiri dan meningkatkan pendapatan masyarakat," Mochamad Subechan mengungkapkan. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2019. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: