Mahasiswa UMM Menemukan Tabir Surya Berbahan Dasar Herbal
Tanggal Posting : Selasa, 1 Maret 2022 | 09:24
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 296 Kali
Mahasiswa UMM Menemukan Tabir Surya Berbahan Dasar Herbal
Mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Kesehatan (Fikes) UMM Nia Yuniar Fitriana Putri, berhasil meraih juara 2 essay nasional dalam kategori herbal kosmetik.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Tidak banyak ide yang mampu direalisasikan dan berhasil diapresiasi sebagai juara. Salah satu ide yang sukses mendapatkan penghargaan ialah milik Nia Yuniar Fitriana Putri, Mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Ia berhasil meraih juara dua essay nasional dalam kategori herbal kosmetik. Adapun Nia mendapatkan kemenangan itu dalam ajang Festival Pharmacy yang diadakan oleh Universitas Setia Budi pada Februari ini.

Nia, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa ia mengangkat judul "Kombinasi Ekstrak Daun Kemangi dan Buah Tomat sebagai Tabir Surya" berawal dari keinginannya mendalami lebih jauh terkait khasiat dua bahan itu.

Utamanya dalam melindungi kulit dari sinar UV. Selain itu, jumlah pengidap kanker kulit yang terus bertambah karena sering terkena sinar UV secara langsung juga menjadi bahan bakarnya untuk menyetuskan ide tersebut.

Nia menuturkan bahwa dalam daun kemangi terdapat kandungan senyawa flavonoid yang memiliki zat antioksidan. Sementara, tomat memiliki kandungan likopen, yang juga mengandung zat antioksidan.

Zat ini terbukti dapat melindungi kulit dari sinar UV serta mampu membuat kulit menjadi lebih sehat. "Jika zat likopen dan flavonoid ini dikombinasikan, tentu akan menghasilkan zat antioksidan tinggi yang mampu melindungi kulit kita,"ungkapnya.

Mahasiswa angkatan 2020 ini kembali mengatakan bahwa ada kendala yang ia rasakan selama penyusunan essay. Salah satunya, jarangnya jurnal yang membahas terkait pemanfaatan daun kemangi dan tomat. Tetapi untunganya, selama penulisan essay ia banyak dibantu oleh kakak tingkat yang tergabung dalam grup belajar Hipotalamus.

"Grup belajar ini sungguh memberikan pengaruh banyak dan bantuan selama saya menysun essay ini. Beragam diskusi dan masukan diberikan sehingga saya bisa mendapat banyak perspektif. Mengambil hal-hal yang bisa digunakan dalam essay agar apa yang saya tulis menjadi lebih kaya.

Sehingga dapat ebsaing memperebutkan juara di lomba," ungkap perempuan asli Jombang tersebut. Terakhir, ia berharap ke depannya gagasan yang ia cetuskan ini bisa terealisasikan. Juga bisa dilanjutkan pada tahap penelitian lebih lanjut dengan penambahan-penambahan yang dibutuhkan.

Selain itu, tabir surya ini bisa menjadi solusi produk kosmetik yang lebih sehat dengan bahan herbal dan bisa menggantikan kosmetik dari bahan sintetis. "Tentunya jika ini berhasil direalisasikan, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam melindungi kulit, sehingga mengurangi pengidap kanker kulit," ucapnya. (Sumber Berita: https://edukasi.sindonews.com/read/697017/211/keren-mahasiswa-umm-ini-juara-essay-nasional-berkat-ide-tabir-surya-herbal-1645797722 ). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: