Daun Pandan Obati Lemah Saraf
Tanggal Posting : Rabu, 9 Desember 2020 | 10:26
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 6352 Kali
Daun Pandan Obati Lemah Saraf
Daun Pandan selain sebagai rempah-rempah juga digunakan sebagai obat lemah saraf.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Daun Pandan selain untuk bumbu dapur dapat dimanfaatkan untuk pengobatan, salah satunya mengobati lemah saraf.

Daun Pandan tumbuh di daerah tropis dan banyak ditanam di halaman atau di kebun-kebun. Daun Pandan kadang tumbuh liar di tepi sungai, tepi rawa, dan di tempat-tempat yang agak lembap.

Daun Pandan selain sebagai rempah-rempah juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi. Daunnya yang harum kalau diremas atau diiris-iris, sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewangi, dan pemberi warna hijau pada masakan atau penganan.

Irisan Daun Pandan muda dicampur bunga mawar, melati, cempaka, dan kenanga, sering diselipkan di sanggul supaya rambut menjadi harum, atau diletakkan di antara pakaian dalam lemari. Daun Pandan yang diiris kecil-kecil juga digunakan untuk campuran bunga rampai atau bunga tujuh rupa.

Berita Terkait: Tanaman Patah Tulang,Cidera Terkilir Hilang
Berita Terkait: OMAI HerbaCOLD Mengandung Zat Aktif Silfamin Redakan Flu


Sifat dan Khasiat
Daun Pandan berkhasiat untuk mengatasi lemah saraf (neurasthenia), tidak nafsu makan, rematik, pegal linu, sakit disertai gelisah, rambut rontok, menghitamkan rambut, dan ketombe.

Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, iris secukupnya daun pandan segar 3-7 gram (2-5 lembar) lalu rebus atau seduh. Bisa juga tumbuk daun, lalu peras dan minum airnya.

Untuk pemakaian luar, cuci bersih daun, lalu giling halus. Tempelkan pada luka atau kulit kepala yang berketombe. (Sumber: Dikutip dari Buku Ayo Mengenal Tanaman Obat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian - Jakarta: IAARD Press, 2012, Halaman 35-36). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: