DPR RI Desak Fornas OMAI Digunakan untuk Program JKN
Tanggal Posting : Selasa, 23 Maret 2021 | 09:40
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 165 Kali
DPR RI Desak Fornas OMAI Digunakan untuk Program JKN
DPR RI. mendesak Fornas OMAI digunakan untuk Program JKN, agar inovasi di bidang obat herbal karya anak bangsa dapat digunakan di Yankes.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Komisi IX DPR RI. mendesak Kementerian Kesehatan agar melakukan percepatan proses review Formularium Nasional (Fornas) termasuk Fornas OMAI-Obat Modern Asli Indonesia untuk digunakan pada program JKN.

Demikian antara lain, Kesimpulan Rapat Dengar Pendapat Komisi IX DPR RI. dengan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kementerian Kesehatan dan Rapar Dengar Pendapat Umum dengan Pengurus Komite Formularium Nasional (Fornas), Pengurus GP. Farmasi Indonesia, Pengurus IPMG, Pengurus Gakeslab, pada Senin, 22 Maret 2021.

Pada Kesimpulan Nomor 2, disebutkan: Komisi IX DPR RI mendesak Kementerian Kesehatan RI. untuk melakukan percepatan proses review Formularium Nasional (Fornas) 2019 dengan proses dan jadwal yang transparan, dengan memperhatikan masukan Komisi IX DPR RI sebagai berikut:

  • a.Memperkuat studi penilaian Teknologi Kesehatan obat baru dan obat inovatif dengan tetap mengutamakan pemenuhan hak paisen
  • b.Sinkronisasi Fornas dengan Pedoman Nasional Praktek Kedokteran (PNPK) tata laksana penyakit yang sudah ada
  • c.Memperjelas mekanisme dan penentuan kriteria dalam proses seleksi obat
  • d.Mengkaji dan Merekomendasikan pembentukan Fornas Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) untuk digunakan dalam program JKN
  • e.Pengasahan Fornas baru dilakukan sesegera mungkin, paling lambat bulan September 2021 untuk memperluas akses pasien terhadap obat dan terapi baru.

Adalah Wakil Ketua Komisi IX DPR RI., Emanuel Melkiades Laka Lena yang pada saat penyusunan kesimpulan mengusulkan redaksional tentang Fornas OMAI, sebagai berikut: Mengkaji dan Merekomendasikan pembentukan Fornas Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) untuk digunakan dalam program JKN. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: