BPOM Menyelenggarakan FGD Penggalian Informasi Empiris Bahan Alam Indonesia
Tanggal Posting : Rabu, 22 Juni 2022 | 08:56
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 41 Kali
BPOM Menyelenggarakan FGD Penggalian Informasi Empiris Bahan Alam Indonesia
Badan POM menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD).

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Badan POM mengajak berbagai pihak terkait untuk melakukan Penggalian Informasi Empiris Bahan Alam di Seluruh Indonesia. Untuk inventarisasi ramuan obat tradisional, dan rasionalisasi ramua obat tradisional.

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetika , Badan POM menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) "Penggalian Informasi Empiris Bahan Alam di Seluruh Indonesia dengan Melibatkan Unsur Pentahelix."

Dilakukan secara hybride (online dan offline) yang diikuti oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan POM di seluruh Indonesia, di Bogor, Kamis, 16 Juni 2022.

Acara dibuka oleh Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetika, Reri Indriani dengan memberikan sambutan dan arahan ,setelah itu dilanjutkan dengan paparan dan diskusi.

Sesi 1, materi dipaparkan oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Obat Tradisional, Suplemen kesehatan dan Kosmetik (Asih Liza Restanti) tentang "Inventarisasi Ramuan Obat Tradisional" dan ditanggapi oleh BRIN (Hariany Siappa), B2P2TOOT Tawangmangu (Akhmad Saikhu), Perpustakaan Nasional (Agung Kriswanto) dan Poltekes Surakarta (Indri Kusuma Dewi).

Setelah itu dilanjutkan Sesi ke 2, dengan materi "Rasionalisasi Ramuan Obat Tradisional yang dipaparkan oleh Kementerian Kesehatan RI ( Lenny Yusriati), dengan penanggap dari Universitas Gadjah Mada (Suwijiyo Pramono), Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (Slamet Sudi Santoso).

Sesi terakhir adalah materi tentang "Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Terhadap Jamu Berdasarkan Kearifan Lokal" dengan Narasumber dari Kementerian Hukum dan HAM (Erni Purnamasari) dengan penanggap dari GP Jamu Pusat (Dwi Ranny Pertiwi Zarman) dan Mediacom (Fetty Azizah)

Kegiatan ini adalah sebagai koordinasi, kolaborasi, inventarisasi dan persamaaan persepsi antara semua pemangku kepentingan sehingga dapat tercipta sinergisme pengembangan Jamu Nusantara berdasarkan ramuan kearifan lokal menjadi produk Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka, menuju kemandirian di bidang Kesehatan.

Diharapkan melalui FGD ini dapat diperoleh informasi empiris bahan alam yang sudah dilakukan penelitiannya dan didapatkan ramuan kearifan lokal yang siap dikaji serta dimasukkan dalam database registrasi.

Selain itu didapatkan kesepakatan dan strategi dalam pengembangan bahan alam berdasarkan kearifan local. "Bersama kita dukung pengembangan bahan alam berdasarkan kearifan local." (Sumber Berita: https://www.obatnews.com/herb/pr-4463717874/penggalian-informasi-empiris-bahan-alam-di-seluruh-indonesia-ini-langkah-langkahnya?page=2 ). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: