Ragam Olahan, Oseng Daun Kelor
Tanggal Posting : Rabu, 2 September 2020 | 09:56
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 621 Kali
Ragam Olahan, Oseng Daun Kelor
Mengolah tanaman obat menjadi menu makanan berkhasiat.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Tanaman kelor (Moringa oleifera) merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman perdu ini biasanya memiliki tinggi 7-11 meter pada ketinggian 700 mdpl. Tanaman kelor sangat mudah dan tidak memerlukan perawatan yang intensif. 

Kelor merupakan tanaman menahun, dengan bunga berwarna putih, putih kekuning-kuningan (krem) atau merah, Tudung pelepah bunganya berwarna hijau dan mengeluarkan aroma bau semerbak. 

Kelor dikenal sebagai Miracle Tree, Tree For Life atau Amazing Tree. Sebutan tersebut muncul karena bagian tanaman kelor mulai dari daun, buah, biji, bunga, kulit, batang hingga akar dapat dimanfaatkan dalam bahan pangan dan industri kosmetik. 

Bagian tanaman kelor yang paling banyak dimanfaatkan adalah daunnya. Daun kelor mengandung zat gizi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya, B karoten, thiamin (B1), Riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin D, E dan K, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, seng, dan vitamin. 

Kombinasi zat gizi dan asam amino tersebut dapat dimanfaatkan untuk antioksidan, antiaging dan antiinflamasi. Selain itu, daun kelor juga mengandung zat fitokimia seperti tanin, steroid, triterpenoid, flavonoid, saponin, antrakuinon dan alkaloid. Senyawa-senyawa ini dapat dimanfaatkan untuk antibiotik, antiinflamasi, detoksifikasi dan antibakteri.

Masyarakat Indonesia jarang sekaii mengolah dan mengkonsumsi daun kelor dikarenakan daun kelor memiliki bau khas yang kurang disukai. Di daerah pedesaan konsumsi daun kelor hanya sebatas sayur bening dan lalapan saja. Inovasi dalam mengoiah daun kelor sangat diperlukan agar menjadi produk yang dapat diterima masyarakat sehingga nutrisi daun kelor dapat dimanfaatkan oleh tubuh secara optimal. 

Daun kelor dapat diolah menjadi beraneka olahan sayur, lauk dan kudapan untuk keluarga, baik anak-anak maupun orang dewasa. Berikut ragam pemanfaatan daun kelor yang diolah menjadi masakan keluarga: 

Bahan-Bahan: 

  • 2 genggam kelor, disiangi, pilih daunnya 
  • 5 buah jagung muda, iris memanjang 
  • Air secukupnya 

Bumbu-Bumbu: 

3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih,  3 buah cabe merah,  1/4 siung bawang bombay,  1 buah tomat ukuran sedang,  Terasi (opsi), 1 sdm minyak zaitun (untuk menumis), Garam secukupnya, dan Gula pasir secukupnya 

Cara Pengolahan: 

  1. Siapkan bahan dan bumbu 
  2. Minyak zaitun dipanaskan. Masukkan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabe merah dan terasi. Tumis sampai tercium aroma. 
  3. Masukkan jagung muda dan tambahkan sedikit air. Masak sampai mendidih 
  4. Masukkan daun kelor dan tomat, masak selama 2 menit 
  5. Tambahkan garam dan gula pasir sesuai selera kemudian lakukan uji rasa 
  6. Oseng daun kelor siap untuk dihidangkan. (Sumber: Warta "HORTUSMED B2P2TOOT Kemenkes RI." Edisi 2 tahun 2019, Hal. 54-56). Redaksi Jamu Digital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: