5 Makanan Mengandung Nutrisi yang Baik Untuk Perkembangan Otak
Tanggal Posting : Kamis, 4 Agustus 2022 | 09:03
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 26 Kali
5 Makanan Mengandung Nutrisi yang Baik Untuk Perkembangan Otak
Nutrisi dan gizi yang cukup membantu otak untuk bekerja secara optimal dan berjalan dengan baik.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Perkembangan otak sudah dimulai sejak seseorang berada di dalam kandungan hingga masa remaja didukung dengan makanan sehat untuk otak cerdas. 

Nutrisi dan gizi yang cukup membantu otak untuk bekerja secara optimal dan berjalan dengan baik. Susahnya menghafal sesuatu dan daya pikir yang lemah disebabkan karena kurang baiknya perkembangan otak sang anak.

1.Blueberry

Blueberry menjadi bahan makanan sehat untuk otak cerdas pertama yang dibahas karena buah blueberry memberikan banyak manfaat kesehatan otak Anda. Blueberry mengandung anthocyanin yang merupakan sekelompok senyawa tumbuhan dengan efek anti inflamasi dan antioksidan.

Antioksidan bertugas melawan stres oksidatif dan peradangan yang berkontribusi penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif. Selain itu, antioksidan yang sudah berada dalam otak membantu meningkatkan komunikasi antara sel - sel otak.

Sebuah penelitian menunjukkan blueberry membantu meningkatkan daya ingat dan menunda kehilangan ingatan jangka pendek.

2.Ikan

Ikan adalah bahan pangan mengandung asam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA yang sangat penting untuk perkembangan otak.

DHA diperlukan membentuk neuron pada otak. Tufts University mengungkapkan mereka yang mengkonsumsi ikan 3 kali seminggu punya kadar DHA tinggi dalam darah dan menurunnya resiko terkena alzheimer hingga 39%.

Mengonsumsi ikan yang diolah dengan cara dipanggang ataupun dikukus seminggu sekali dapat memperkuat daya ingat dan mencegah demensia.

3.Sayur mayur

Sayur -sayuran seperti wortel, bayam, ubi jalar merah, brokoli, tomat, labu, kubis merah kaya akan nutrisi dan antioksidan menyehatkan untuk sel - sel otak.

Studi University of Illionis menemukan lutein sebagai pigmen yang ditemukan dalam sayuran berwarna hijau gelap membantu mempertahankan fungsi kognitif dan ketajaman mental usia otak.

Lutein merupakan bagian dari kelompok alami pada pigmen tumbuhan yang dikenal sebagai karotenoid.

Akan tetapi anak - anak kurang menyukai sayuran. Karena itu, anda sebagai orang tua meberikan memberikan variasi makanan sang anak dengan membuat kreasi makanan dengan bentuk wajah, hewan, atau tokoh kartun disukai anak.

Hal ini akan membuat anak lebih tertarik makan sayur - sayuran.

4.Cokelat hitam

Cokelat hitam sering disebut dark chocolate memiliki beberapa senyawa yang mengoptimalkan kerja otak seperti flavonoid, kafein dan antioksidan. Flavonoid merupakan sekelompok senyawa tumbuhan antioksidan.

Para peneliti mengatakan senyawa ini meningkatkan memori dan memperlambat pikun yang berkaitan dengan usia.

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 900 orang, mereka yang makan cokelat hitam lebih sering memiliki kinerja lebih baik dalam serangkaian tugas mental yang melibatkan memori daripada orang - orang yang jarang memakannya.

Studi lain menemukan orang yang mengonsumsi cokelat hitam mengalami peningkatan perasaan positif dibanding dengan orang  yang mengonsumsi crakers.

5.Gandum murni

Gandum merupakan bahan pangan yang memiliki kandungan karbohidrat yang hampir atau setara dengan nasi.

Gandum memiliki kandungan karbohidrat 60 - 80%, 1,5 - 2% mineral, 6 - 17% protein, 1,5 - 2%, lemak dan kandungan serat tinggi berguna mengontrol kadar kolesterol di dalam darah.

Gandum bermanfaat bagi otak karena membuat penyerapan nutrisi ke otak menjadi lebih lancar dan mengoptimalkan perkembangan otak bayi (Sumber Berita: https://www.obatnews.com/healthy-food/pr-4464052224/5-jenis-makanan-sehat-untuk-otak-cerdas-guna-menghadapi-tantangan-masa-depan?page=4 ). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: