9 Manfaat Kunyit untuk Kecerdasan Otak
Tanggal Posting : Sabtu, 28 Agustus 2021 | 09:48
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 3625 Kali
9 Manfaat Kunyit untuk Kecerdasan Otak
Coba yuks cari tahu apa saja manfaat kunyit untuk kecerdasan otak.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Kunyit (Curcuma longa L.) termasuk tanaman rempah yang telah terbukti ampuh untuk kesehatan tubuh, kecantikan serta otak. Manfaat kunyit untuk otak dapat dirasakan berkat zat-zat penting yang terkandung di dalamnya.

Cara kerja senyawa dalam Kunyit bersifat aditif atau dampak yang ditimbulkan terjadi secara tidak langsung. Meski demikian kandungan kurkumin di dalam kunyit sangat berguna untuk menjaga kesehatan otak.

Inilah Manfaat Kunyit untuk Otak. Senyawa bioaktif di dalam Kunyit memiliki sifat obat yang sangat kuat. Bahkan zat-zat tersebut mampu meningkatkan beberapa fungsi otak. Sebagaimana diketahui bahwa otak merupakan organ yang menggerakkan seluruh tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat Kunyit untuk kesehatan Otak yang perlu Anda tahu:

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif Jangka Panjang

Kunyit berpotensi besar terhadap kesehatan otak dengan meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Dengan begitu fungsi otak akan meningkat dan serangan penyakit otak dapat dicegah. Peningkatan level BDNF melalui Kunyit juga dapat menunda penuaan otak.

2. Melindungi Otak

Disebut sebagai pelindung otak karena kandungan kurkumin dalam Kunyit mampu melindungi sel dari kerusakan. Sifat anti-inflamasi dalam kunyit akan melindungi otak dari berbagai gangguan otak serta memaksimalkan kerja otak. Kunyit untuk kesehatan otak didapat dari kandungan antioksidannya yang dapat melindungi dari radikal bebas.

3. Mendorong Pertumbuhan Sel Otak

Kunyit tidak hanya melindungi, tapi juga dapat mendorong pertumbuhan sel-sel saraf. Sel saraf nantinya akan berubah menjadi sel otak dan berkembang sebagai perangkat perbaikan otak. Terutama saat sel otak mengalami kerusakan atau terkena penyakit, zat ini akan berkembang sekaligus mengatasinya.

4. Meningkatkan Memory

Sebuah studi pernah menguji kandungan Kunyit terhadap penderita masalah ingatan ringan. Daya ingat penderita meningkat 28% setelah mengkonsumsi Kunyit sebanyak dua kali sehari. Dapatkan manfaat air rebusan kunyit untuk meningkatkan daya ingat dan memori dengan mengkonsumsi kunyit secara rutin.

5. Meredakan Depresi

Kunyit dapat melawan depresi dengan meningkatkan hormon dopamin dan neurotransmitter serotonin. Suasana hati penderita depresi juga akan mengalami peningkatan ketika mengkonsumsi Kunyit. Ini berkat kandungan antioksidan dalam Kunyit yang berperan penting dalam meredakan gejala depresi tersebut.

6. Membunuh Kanker Otak

Manfaat Kunyit untuk tumor otak adalah dengan menghambat pertumbuhan dan penyebaran tumor. Komponen utama Kunyit sanggup menekan sel dalam air liur yang mendorong tumbuhnya kanker kepala. Bukan hanya terkait penghambatan jalur sinyal sel kritis air liur, tapi juga mengurangi pro-inflamasi sitokin-nya.

7. Mencegah Alzheimer

Di dalam Kunyit ditemukan juga kandungan aromatik turmeron yang merupakan senyawa larut dalam lemak. Efek positif yang diberikan mampu meningkatkan produksi sel saraf melalui sel induk saraf. Selanjutnya sel-sel otak akan beregenerasi dan memperkecil risiko Alzheimer serta penyakit degeneratif lainnya.

8. Meningkatkan Proliferasi Otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Kunyit dapat meningkatkan kekuatan otak untuk melakukan perbaikan. Ini berkat senyawa Aromatic-turmerone dalam kunyit yang dapat mengaktifkan sejumlah bagian otak. Zat tersebut juga akan membuat proliferasi sel otak untuk selanjutnya melakukan pengobatan regeneratif.

9. Mengatasi Gangguan Otak

Manfaat Kunyit selanjutnya adalah untuk mengatasi gangguan otak seperti memori dan sistem saraf. Kandungan senyawa dalam Kunyit yang disebut agen neuroprotektif mampu melintasi sawar darah-otak.

Senyawa tersebut masuk ke dalam membran sel supaya sifat fisik membran lebih teratur. Otak juga harus dirangsang supaya kualitas dan kuantitas sel-selnya dapat bekerja secara optimal. Untuk merasakan manfaatnya, Kunyit dapat diracik menjadi ramuan supaya mudah dikonsumsi.

Cara Membuat Ramuan Kunyit untuk Merangsang Otak. Untuk membuat ramuan atau jamu, Kunyit dapat ditambah bahan herbal lain supaya kinerjanya semakin cepat. Dari hari ke hari, nantinya stimulasi otak akan lebih terjaga dan reseptif.

Bahan lain yang digunakan juga memiliki fungsi penting untuk meningkatkan kinerja otak. Seperti Kayu manis, yang bila masuk tubuh akan diubah menjadi sodium benzoate dengan efek antiinflamasi dan antioksidan pada otak.

Kedua zat tersebut dapat lebih menjernihkan kepala dan menghasilkan pikiran yang lebih tajam. Sementara madu memiliki kandungan fruktosa yang dapat memicu kerja otak. Melalui zat tersebut, energi cadangan akan diberikan pada hati untuk bekerja pada otak selama semalaman.

Dapatkan manfaat tersebut dengan mengikuti cara meramu Kunyit untuk kesehatan otak. Berikut ini bahan yang harus disiapkan:

  • 250 ml air (1 cangkir)
  • 5 gram bubuk kayu manis (1 sendok teh)
  • 2,5 gram kunyit (½ sendok teh)
  • 7,5 gram madu organik (1 sendok teh)

Cara meramu: Panaskan air sampai mendidih. Masukkan kayu manis dan Kunyit. Biarkan mendidih selama kurang lebih 15 menit. Kemudian saring dan tuang ke dalam cangkir. Terakhir, tambahkan madu dan aduk rata. Nikmati minuman ini secara teratur saat sarapan atau setelah makan dan rasakan hasilnya.

Supaya khasiat kunyit untuk otak dapat dirasakan dengan baik, sebaiknya konsumsi dalam batas wajar. Jika terlalu berlebihan atau dalam dosis tinggi, akan mengurangi manfaat dari Kunyit itu sendiri. (Sumber Artikel: https://rempahid.com/kunyit-untuk-otak/). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU, NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2024. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: