4 Gejala Pada Kaki Ini Menunjukan Bahwa Jantung Anda Bermasalah
Tanggal Posting : Kamis, 12 Mei 2022 | 10:26
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 37 Kali
4 Gejala Pada Kaki Ini Menunjukan Bahwa Jantung Anda Bermasalah
Berikut 4 tanda di kaki yang menunjukkan bahwa jantung Anda bermasalah.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Sebagian besar dari kita mungkin tidak langsung menghubungkan masalah kaki dengan kesehatan jantung. Meskipun kita mungkin menyadari bahwa kondisi kesehatan seperti diabetes dapat menyebabkan masalah pada kaki, betis, dan paha, gejala tertentu pada ekstremitas bawah juga dapat menandakan masalah jantung yang serius. 

Berikut 4 tanda di kaki yang menunjukkan bahwa jantung Anda bermasalah

1. Pembengkakan di kaki dan kaki bagian bawah

Istilah medis untuk pembengkakan adalah edema, dan dapat terjadi di mana saja di tubuh Anda karena sejumlah alasan.

Namun jika Anda mengalami pembengkakan di kaki dan tungkai bawah, itu mungkin berarti jantung Anda tidak mengalirkan darah dengan benar, ada penyumbatan pembuluh darah di kaki Anda, atau Anda menderita gagal jantung kongestif (CHF).

"CHF adalah kondisi kronis di mana jantung tidak memompa darah sebaik yang seharusnya," kata Edo Paz, MD, ahli jantung bersertifikat dengan K Health. "Salah satu temuan klasik CHF adalah pembengkakan kaki, sering dikaitkan dengan gejala lain seperti sesak napas." Paz menambahkan bahwa kaki bengkak juga dapat disebabkan oleh deep vein thrombosis (DVT)-suatu kondisi di mana gumpalan terbentuk di pembuluh darah yang mengalirkan darah dari kaki.

Kemungkinan penyebab pembengkakan lainnya adalah insufisiensi vena, suatu kondisi kronis di mana darah tidak mengalir dengan baik dari kaki. Jennifer Lewey, MD, MPH dan pakar sukarelawan untuk Gerakan Go Red for Women dari American Heart Association, menjelaskan, "Dengan insufisiensi vena, pembengkakan biasanya memburuk di penghujung hari dan membaik dengan mengangkat kaki atau mengenakan kaus kaki kompresi.

Ini penting bahwa orang dengan pembengkakan kaki juga dievaluasi untuk gagal jantung kongestif, yaitu ketika otot jantung menjadi lemah atau kaku dan karena itu tidak dapat memompa darah secara efektif."

2. Kram yang menyakitkan

Jangan abaikan jika Anda mengalami kram yang menyakitkan di betis, paha, dan kaki Anda. Ini bisa menjadi tanda penyakit arteri perifer (PAD), suatu kondisi serius yang melibatkan penyempitan pembuluh darah dan sirkulasi yang buruk ke kaki.

PAD dihasilkan dari kolesterol dan penumpukan plak di dinding arteri, dan dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Selanjutnya, PAD yang berkembang menjadi kehilangan total sirkulasi di kaki berpotensi menyebabkan gangren dan memerlukan amputasi.

"PAD adalah kondisi kronis di mana pembuluh darah yang membawa darah ke organ dan anggota tubuh Anda tersumbat, mengakibatkan penurunan aliran darah," jelas Paz. "Salah satu gejala klasik PAD adalah nyeri atau kram pada otot kaki dengan berjalan yang membaik dengan istirahat. Gejala PAD lainnya mungkin termasuk luka pada kaki, pertumbuhan rambut yang buruk, atau perubahan warna kulit."

3. Benjolan yang menyakitkan di jari kaki Anda

Benjolan keras dan menyakitkan di jari kaki Anda disebut nodus Osler, dan mungkin mengindikasikan endokarditis menular-peradangan pada bilik jantung dan pembuluh darah Anda.

Endokarditis terjadi akibat infeksi bakteri yang menyebar melalui aliran darah dan menempel pada bagian jantung yang lemah, menyebabkan kerusakan katup jantung yang berpotensi mengancam jiwa.

"Nodus Osler dapat muncul di jari tangan dan kaki mereka yang menderita endokarditis," jelas dokter kulit bersertifikat Geeta Yadav, MD. "Mereka sering kecil dan menyakitkan, dengan ketidaknyamanan yang dirasakan sebelum benjolan terlihat."

Dia mengatakan benjolan yang tidak nyaman ini "disebabkan oleh peradangan pembuluh darah yang mengarah ke infeksi bakteri, yang menyebabkan peradangan lebih lanjut." Node Osler dapat bertahan dari beberapa jam hingga beberapa hari, dan sering hilang dengan sendirinya.

Terlepas dari itu, jika Anda mengalami benjolan ini pada jari kaki Anda, konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan apakah antibiotik atau pembedahan diperlukan untuk menghilangkan infeksi. Dokter kulit dapat melakukan biopsi kulit untuk menentukan penyebab benjolan, dan memberi tahu Anda apakah perlu berkonsultasi dengan ahli jantung.

4. Perubahan warna pada telapak kaki Anda

Perubahan warna kecoklatan atau merah yang menyerupai memar di telapak kaki Anda bisa menjadi tanda lesi Janeway, tanda lain dari infeksi bakteri di bilik jantung atau pembuluh darah. "Lesi Janeway tidak menyakitkan, tetapi mungkin perlu waktu untuk sembuh," jelas Yadav.

"Perubahan warna ini disebabkan oleh emboli septik, infeksi bakteri yang menyumbat pembuluh darah. [Perubahan warna] bisa menjadi tanda endokarditis." Lesi Janeway cenderung hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu, tetapi jika Anda merasa memilikinya, sebaiknya periksakan ke dokter untuk menentukan apakah diperlukan antibiotik atau perawatan medis lainnya. (Sumber Berita: https://lifestyle.bisnis.com/read/20220508/106/1530726/4-tanda-jantung-anda-bermasalah-pada-kaki-anda ). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: