11 Manfaat Bunga Lawang Bagi Kesehatan Tubuh
Tanggal Posting : Kamis, 30 Juni 2022 | 10:53
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 55 Kali
11 Manfaat Bunga Lawang Bagi Kesehatan Tubuh
Bunga lawang ini merupakan salah satu jenis rempah yang biasanya digunakan sebagai penyedap masakan.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan bunga lawang. Bunga lawang ini merupakan salah satu jenis rempah yang biasanya digunakan sebagai penyedap masakan.

Bukan hanya itu bunga lawang juga sering kali buat menjadi minuman herbal yang dicampurkan dengan bahan lain. Meskipun disebut dengan bunga lawang, namun sebenarnya bunga lawang bukanlah bunga melainkan buah dari tanaman Illicium verum.

Sebagai salah satu tanaman herbal, tentu bunga lawang mempunyai beragam kandungan yang berkhasiat bagi tubuh. Diketahui, bunga lawang mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bunga lawang juga dikatakan mempunyai sifat anti virus dan anti bakteri yang bisa menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan berbagai bakteri dan virus, manfaat bunga lawang juga sangat berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Mulai dari perut kembung, gangguan jantung, kadar gula darah yang tidak stabil, hingga berbagai masalah peradangan.

Jika Anda ingin memulai gaya hidup sehat, Anda bisa mengonsumsi bunga lawang dengan mengolahnya ke dalam berbagai masakan atau menyajikannya sebagai minuman herbal. Beberapa manfaat bunga lawang bagi kesehatan berikut bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk gaya hidup sehat yang akan Anda jalani.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut kami merangkum beberapa manfaat bunga lawang bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Anti Jamur dan Anti Bakteri

Manfaat bunga lawang yang pertama didapatkan dari sifat anti jamur dan anti bakteri. Bunga lawang diketahui mempunyai kandungan anethole flavonoid yang berperan untuk menghambat pertumbuhan jamur patogen pada tanaman pangan tertentu. Di samping itu, bunga lawang juga mengandung terpene linalool yang dapat menekan pertumbuhan infeksi jamur pada tubuh.

Selain itu, bunga lawang juga berfungsi efektif sebagai antibiotik yang dapat mencegah berbagai infeksi bakteri patogen. Dalam hal ini disebutkan, bahwa bunga lawang berpotensi untuk mendukung perkembangan obat antibiotik di masa depan. Namun masih diperlukan banyak penelitian untuk membuktikan khasiatnya.

Mencegah Virus

Manfaat bunga lawang berikutnya yaitu dapat mencegah virus. Manfaat ini didapatkan dari kandungan asam shikimik yang dapat berguna sebagai senyawa antivirus yang kuat. Senyawa ini berfungsi sebagai bahan aktif yang digunakan pada obat flu.

Kemampuan bunga lawang ini sudah terbukti secara farmakologis. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa minyak atsiri bunga lawang dapat memerangi berbagai infeksi virus, termasuk virus yang menyebabkan penyakit herpes simpleks tipe 1.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat bunga lawang selanjutnya dapat melancarkan sirkulasi darah. Dalam hal ini, bunga lawang mempunyai kandungan zat besi yang sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah.

Bukan hanya itu, kandungan ini juga dapat meningkatkan tingkat energi sirkulasi darah dengan oksigenasi pada tubuh yang lebih baik. Jika Anda mempunyai berbagai masalah penyakit kardiovaskular, terutama aliran darah yang tidak lancar, konsumsi bunga lawang bisa menjadi pilihan pengobatan.

Mengatasi Perut Kembung

Manfaat bunga lawang juga dapat mengatasi perut kembung. Bunga lawang sudah digunakan dalam pengobatan tradisional China, Turki, dan Persia untuk mengatasi masalah gangguan

Salah satunya, bunga lawang mempunyai kandungan yang efektif meredakan gangguan perut kembung. Jenis rempah yang satu ini juga dapat mengurangi kejang perut yang terjadi akibat banyaknya gas yang terdapat pada lambung.

Mencegah Peradangan

Mencegah peradangan juga menjadi salah satu manfaat bunga lawang yang bisa Anda dapatkan. Bunga lawang mempunyai kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang cukup tinggi.

Kandungan ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi berbagai masalah yang menyebabkan peradangan. Termasuk dapat mencegah beberapa penyakit seperti, aterosklerosis, rematik, bronkitis, dan penyakit radang lainnya.

Melawan Radikal Bebas

Manfaat bunga lawang yang tidak kalah penting yaitu dapat melawan radikal bebas. Manfaat ini masih didapatkan dari kandungan antioksidan yang dapat memerangi senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Jika radikal bebas ini dibiarkan di dalam tubuh, tentu dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis yang membahayakan kesehatan. Dengan begitu, konsumsi bunga lawang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah berbagai penyakit.

Bahkan berdasarkan penelitian, kandungan antioksidan bunga lawang juga berkhasiat untuk melawan sel kanker dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat bunga lawang juga dapat berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya dapat membantu mencegah penumpukan senyawa radikal bebas dalam tubuh.

Hal ini tentu saja menjadi kabar baik bagi organ jantung untuk melindunginya dari berbagai ancaman penyakit. Bukan hanya itu bunga lawang juga memiliki ekstrak etanol yang dapat membantu menurunkan berat badan, tekanan darah, dan kadar lipid.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat bunga lawang bagi kesehatan tentu saja dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti yang telah disebutkan, bunga lawang mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu melawan senyawa radikal bebas dan berbagai risiko kesehatan yang ditimbulkan.

Bukan hanya itu, bunga lawang juga memiliki kandungan shikimic dan quercetin, sejenis pigmen tumbuhan alami, dapat secara signifikan meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh. Ini dapat mengatasi berbagai gejala flu seperti demam, nyeri otot, dan kelelahan.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat bunga lawang bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat mengontrol kadar gula darah secara efektif. Berdasarkan penelitian tahun 2015, ditemukan bahwa kandungan anethole yang terdapat di dalamnya dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengatur enzim utama yang berperan dalam proses metabolisme karbohidrat. Manfaat ini tentu saja sangat berguna bagi para penderita diabetes.

Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat bunga lawang bagi kesehatan yang tidak kalah menarik adalah dapat membantu meningkatkan tidur yang lebih nyenyak. Berdasarkan penelitian, bunga lawang mempunyai sifat penenang yang didapat dari kandungan antioksidan dan magnesium di dalamnya. Kandungan ini dapat membantu merangsang pelepasan neurotransmiter tertentu yang dapat meningkatkan relaksasi dan tidur yang lebih nyenyak.

Menyehatkan Kulit

Manfaat bunga lawang bagi kesehatan yang terakhir namun tidak kalah penting yaitu dapat menyehatkan kulit. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari kandungan antioksidan yang dapat melawan senyawa radikal bebas penyebab berbagai masalah kulit.

Dengan kandungan ini, bunga lawang dapat membantu mengurangi munculnya gejala kulit keriput, meningkatkan elastisitas kulit, dan dapat mengurangi bekas luka dan noda di wajah secara efektif. (Sumber Berita: https://www.merdeka.com/jateng/manfaat-bunga-lawang-bagi-kesehatan-bantu-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-kln.html ). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: