Waspada Obat Kedaluwarsa atau Rusak
Tanggal Posting : Rabu, 19 Mei 2021 | 09:15
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 373 Kali
Waspada Obat Kedaluwarsa atau Rusak
Yuk kenali tanda-tanda obat kedaluwarsa atau rusak.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Pasti sudah sering melihat tulisan ED atau kepanjangan dari Expired Date di kemasan suatu Obat. ED atau Kedaluwarsa harus dicantumkan disuatu kemasan produk Obat sehingga kita sebagai konsumen juga dapat melihat gambaran mutu obat tersebut. Apa sih kedaluwarsa tersebut, yuks kita simak dibawah ini.

Kedaluwarsa adalah Batas kedaluwarsa obat yang ditetapkan berdasarkan uji stabilitas yang dilakukan pada suhu dan kondisi sesuai dengan kondisi ideal penyimpanan obat. Lamanya kedaluwarsa dihitung sejak tanggal obat diproduksi hingga waktu uji terakhir dimana obat tersebut dinyatakan masih memenuhi persyaratan mutu atau lamanya uji stabilitas obat yang datanya tersedia dengan hasil obat memenuhi syarat.

Cara mengetahui obat kedaluwarsa
Melakukan pengecekan tanggal kedaluwarsa pada kemasan. Contoh: ED Agustus 2021, maka obat tersebut masih boleh dikonsumsi pada tanggal 31 Agustus 2021. Melihat perubahan fisik obat (perubahan warna, bau dan rasa)

Tanda-Tanda Obat Kedaluwarsa
Secara umum, tanda obat yang sudah kedaluwarsa atau rusak adalah adanya perubahan warna, bau, dan rasa produk, kemasan pecah, retak atau berlubang, serta label kemasan tidak lengkap (ada yang hilang atau tidak terbaca).

Ciri-ciri fisik obat kedaluwarsa dalam bentuk tablet: Timbul noda bintik-bintik, hancur/menjadi bubuk hilang/terlepas dari kemasan, lembab, lembek, basah, dan lengket.

Ciri-ciri fisik obat kedaluwarsa dalam bentuk kapsul: Berubah warna, bau dan rasa, cangkang kapsul menjadi lembek, terbuka sehingga isinya keluar, cangkang kapsul melekat satu sama lain, dapat juga melekat dengan kemasan.

Ciri-ciri fisik obat kedaluwarsa dalam bentukl serbuk/puyer: Berubah warna, bau dan rasa, lembab, lembek, basah, lengket, timbul noda bintik-bintik, kemasan terbuka, terkoyak atau sobek, kemasan lembab.

Ciri-ciri fisik obat kedaluwarsa dalam bentuk cairan: Berubah warna, bau dan rasa keruh, mengental, mengendap, memisah, segel pada kemasan rusak/terkoyak, kemasan lembab atau berembun

Ciri-ciri fisik obat kedaluwarsa dalam bentuk salep, gel, krim: Berubah warna, bau dan rasa, mengental, mengendap, memisah, mengeras, kemasan lengket, kemasan berlubang, isi bocor

Ciri-ciri fisik obat kedaluwarsa dalam produk steril (termasuk injeksi): Cairan tidak kembali menjadi suspensi setelah dikocok, kemasan terkoyak atau sobek, kemasan bernoda, kemasan berembun, ada bagian yang hilang, ada bagian yang rusak atau bengkok.

Ciri-ciri fisik obat kedaluwarsa Aerosol (termasuk inhaler untuk asma): Isinya sudah habis, wadah rusak, berlubang, penyok.

Cara membuang obat yang kedaluwarsa atau rusak
Wadah dan Kemasan: Hilangkan informasi pribadi seperti nama dan tanggal lahir pasien pada kemasan. Hilangkan semua label dari wadah obat dan tutup botol. Rusak botol, pot plastic atau botol kaca dengan digunting atau dipecah. Boks, dus, atau tube sebaiknya diguntik dahulu sebelum dibuang ke tempat sampah.

Tablet, Pil, Puyer, Salep dan Krim: Buka obat dari kemasan asli, dan hancurkan menjadi bentuk tidak utuh. Campurkan dengan ampas kopi/tanah/bahan kotoral lain. Masukan campuran dalam wadah yang dapat ditutup agar obat tidak bocor tumpah. Buang wadah ketempat sampah.

Sirup dan Cairan Obat Luar: Apabila ada endapan atau obat sudah mengental, tambahkan air dan kocok untuk melarutkan endapan. Pindah cairan kedalam plastik. Tambahkan bahan kotor seperti ampas kopi/tanah. Tutup plastik dengan rapat lalu buang ke tempat sampah.

Bahaya yang timbul apabila obat dibuang secara tidak tepat: obat dapat dijual kembali secara illegal dan disalah gunakan. Antibiotic, obat kanker, dan desinfektan yang dibuang pada saluran pembuangan limbah dapat membunuh bakteri yang diperlukan. Dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan seperti kontaminasi sumber air.

Nah, mulai sekarang jangan simpan obat yang sudah kedaluwarsa atau rusak dirumah ya! Yuk kita buang sampah obat kedaluwarsa dengan benar, agar limbah obat tidak disalahgunakan dan tidak mencemari lingkungan. (Sumber Berita: Infografis Instagram @ bpom_ri). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: