Universitas Pancasila Berikan Pelatihan Jamu dan Ecoenzyme Empon-Empon
Tanggal Posting : Senin, 15 November 2021 | 15:50
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 405 Kali
Universitas Pancasila Berikan Pelatihan Jamu dan Ecoenzyme Empon-Empon
Para dosen dan mahasiswa sebagai instruktur dalam pelatihan ini mengapresiasi keterlibatan siswa dan masyarakat pada kegiatan ini.

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu. Universitas Pancasila melalui konsorsium beberapa fakultasnya, melakukan pengabdian kepada msyarakat (PKM) webinar Pembuatan Jamu dan Ecoenzyme dari Empon-Empon untuk meningkatkan ketrampilan.

Kegiatan dilakukan pada Jumat, 12 November 2021 kepada siswa SMAN 1 Ciseeng, dan SMAN 1 Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada hari Minggu, 14 November 2021.

Kegiatan webinar dan pelatihan ini mendapatkan atensi yang baik, dari masyarakat dan para siswa SMA. Arif Setiawan, Kepala Sekolah SMAN 1 Ciseeng, mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran bagi siswa, serta dapat diaplikasikan untuk pengembangan produk jamu.

"Kami berterima kasih kepada tim Matching Fund Universitas Pancasila yang sudah bekerjasama dengan sekolah kami untuk program pelatihan pembuatan Jamu, serta berharap dengan webinar dan pelatihan ini, para siswa mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat," ujarnya.

Media Jamu, Nomor Satu

Dr. Ir. Setia Damayanti, M.Si., Ketua Tim Matching Fund Lembah Cisadane mengutarakan webinar dan pelatihan ini mengenai pentingnya pengolahan limbah organik dengan dijadikan produk ecoenzyme yang berguna luas dan dapat digunakan membuat hand sanitizer, antiseptik, anti serangga dan water treatment.

"Kami berharap para siswa dan peserta pelatihan mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta dapat mengaplikasikan produk ecoenzyme untuk berbagai keperluan, seperti hand sanitizer, antiserangga, antiseptik, serta water treatment", jelasnya.

Pembuatan ecoenzyme yang memakan waktu fermentasi selama 3 bulan ini, merupakan solusi untuk pengolahan limbah organik menjadi produk tepat guna yang memiliki banyak manfaat.

Para guru dan siswa dari SMAN 1 Ciseeng sangat antusias mengikuti webinar dan pelatihan pembuatan jamu dan ecoenzyme dari limbah empon-empon.

"Saya sangat senang mengikuti kegiatan pelatihan ini, banyak hal yang kami peroleh terutama dalam pembuatan ramuan jamu berbahan empon-empon dan pengolahan limbah jamunya menjadi ecoenzyme yang punya banyak manfaat." ujar Simi, siswi SMAN 1 Ciseeng.

Para dosen dan mahasiswa sebagai instruktur dalam pelatihan ini mengapresiasi keterlibatan siswa dan masyarakat pada kegiatan ini.

"Saya sangat senang dengan keaktifan dan semangat para siswa pada acara pelatihan hari ini. Semoga materi yang kami berikan dan praktik langsung yang dilakukan para siswa akan berguna kedepannya." Ujar Desi Nadya Aulena, Dosen Fakultas Farmasi, Universitas Pancasila.

Desi menambahkan bahwa pelatihan yang dilakukan di SMAN 1 Ciseeng ini melibatkan 2 dosen dan 8 mahasiswa sebagai instruktur pelatihan. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: