Tips Aman Keluar Rumah Saat Pandemi COVID-19
Tanggal Posting : Minggu, 19 April 2020 | 08:21
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 7033 Kali
Tips Aman Keluar Rumah Saat Pandemi COVID-19
Tetap aman keluar rumah, dengan mengikuti tips-tips dibawah ini. Foto: Infografis Kemenpora RI.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Di tengah mewabahnya Virus Corona, masyarakat pun menjadi was-was untuk keluar rumah. Terlebih, pasien postif COVID-19 terus mengalami peningkatan, hingga berbagai cara ditempuh untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona. Banyak cara diterapkan, seperti physical distancing harus dilakukan oleh masyarakat saat ini.

Physical distancing merupakan istilah yang ditawarkan World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia untuk mendorong siapa saja agar tetap tinggal di rumah guna mencegah penyebaran Virus Corona, tanpa memutus kontak dengan orang lain secara sosial.

Berita Terkait: Tips Menggunakan Masker Agar Terhindar dari Virus Corona

Berita Terkait: Tips Membuat Masker Kain Saat Pandemi COVID-19


Tetapi, karena berbagai hal, seperti alasan pekerjaan atau urusan keluarga, ada sebagian orang akhirnya terpaksa harus keluar rumah. Bagi Anda yang akan bepergian di tengah pandemi Virus Corona seperti sekarang ini, ada baiknya menerapkan Tips Aman Keluar Rumah Saat Pandemi COVID-19:

Pakai Jaket atau Baju Lengan Panjang dan Masker
APD atau Alat Pelindung Diri hanya digunakan oleh dokter dan tenaga medis lainnya. Untuk Anda, cukup gunakan baju lengan Panjang dan juga masker. Pakai masker saat terakhir sebelum keluar rumah.

Tidak Perlu Memakai Aksesoris
Aksesoris seperti gelang, cincin, anting, dan sebagainya juga bisa menjadi media virus. Celah dari sela-sela aksesoris akan lebih susah dibersihkan. Apalagi jika aksesoris jarang diperhatikan untuk dicuci, jadi sebaiknya tidak perlu menggunakan aksesoris.

Hindari Menggunakan Transportasi Umum
Hal ini dilakukan untuk menghindari keramaian atau kerumunan orang. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi. Kalaupun terpaksa menggunakan transportasi umum, usahakan tetap saling menjaga jarak dengan penumpang lain.

Pakai Tisu Di Jari Untuk Menyentuh Permukaan Apapun
Bawalah tisu dan simpan di saku. Jika terpaksa harus menarik gagang pintu/memegang benda apapun, gunakan tisu untuk melindungi tangan. Setelah selesai digunakan, remaslah tisu ke bagian dalam lalu buang ke tempat sampah.

Lakukan Etika Yang Benar Saat Batuk Atau Bersin
Jika tidak bisa menahan batuk dan bersin di tempat umum, tutuplah mulut dengan tisu. Jika tidak ada, gunakan siku bagian dalam untuk menutup mulut agar ludah tak tersebar ke seluruh ruangan.

Usahakan Bertransaksi Secara Non-Tunai

Siapkan saldo e-banking atau e-money sebelum bertransaksi. Pilihlah toko dengan fasilitas pembayaran non-tunai agat tak perlu membayar dengan uang tunai dan tanpa menyentuh uang kembalian yang telah dipegang banyak orang.

Cuci Tangan Atau Pakai Hand Sanitizer Setelah Menyentuh Apapun

Setelah menyentuh benda atau permukaan apapun, usahakan untuk selalu mencuci tangan. Cari tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Jika tidak ada, baru gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

Jangan Menyentuh Wajah Sampai Benar-Benar Bersih
Jangan sering menyentuh wajah, dan pastikan tangan benar-benar bersih jika terpaksa menyentuh bagian wajah yang gatal ataupun sekedar mengusap keringat.

Jaga Jarak Aman Dengan Orang Lain

Langkah terakhir adalah tetap jaga jarak dengan orang lain. Meskipun merasa akrab dengannya, Anda tetap harus waspada dengan memberikan jarak minimal satu meter dari orang tersebut. (Sumber Berita: Infografis Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: