Terkilir Hilang dengan Lengkuas
Tanggal Posting : Senin, 10 Mei 2021 | 09:52
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 260 Kali
Terkilir Hilang dengan Lengkuas
Ingin tahu cara mengobati terkilir dengan Lengkuas? Simak artikel dibawah ini. Foto: distan.jabarprov.go.id.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Siapa yang menyangka jika Lengkuas ternyata kaya akan khasiat untuk kesehatan, diantaranya untuk mengobati terkilir.

Banyak orang selama ini menganggap Lengkuas dengan nama ilmiah Alpona galangal L. tersebut hanya berguna sebagai penyedap rasa saat memasak. Dibeberapa daerah Lengkuas dikenal dengan langkueueh (Aceh), kelawas, haiawas (Batak), langkuweh (Minang), laja (Sunda), laos (Jawa).

Lengkuas merupakan terna menahun berbatang semu yang tumbuh tegak dengan tinggi 1-3 m. Memiliki rimpang berserat kuat, jika diiris berwarna putih hingga kemerahan. Di tanah Jawa, dikenal dua jenis lengkuas, yaitu Lengkuas merah dengan rimpang berwarna kemerahan, bentuk dan rumpunnya lebih kecil dari Lengkuas putih.

Sedangkan Lengkuas putih memiliki rimpang berwarna putih, dengan bentuk dan rumpun yang relative besar. Lengkuas tumbuh subur di seluruh Indonesia, Asia Tenggara, pegunungan Himalaya sebelah timur hingga laut Cina dan India barat daya. Di Jawa lengkuas tumbuh liar di hutan, ditempat terbuka hingga agak terlindungi, pada ketinggian hingga 1200 mdpl.  

Bagian dari tanaman Lengkuas yang digunakan untuk pengobatan adalah rimpangnya. Rimpangnya ini mengandung minyak atsiri lebih kurang 1% dengan komponen utama kamfer, sineol dan asam metal sinamat.

Cara pembuatan/penggunaan: 1 x 1 rimpang /hari. Bahan dihaluskan, tambahkan air secukupnya dan oleskan pada bagian yang sakit. (Sumber: Formularium Ramuan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Halaman 42). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: