Tanaman Pule Obati Kencing Manis
Tanggal Posting : Jumat, 25 Desember 2020 | 07:59
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 693 Kali
Tanaman Pule Obati Kencing Manis
Batang tanaman Pule mengandung alkaloid ditain, ekitamina, ekitamin, ekitamidin, dan alstonin.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Pohon Pule terkenal dengan aroma bunganya yang khas. Pohon yang memiliki nama latin Alstonia scholaris ini dapat untuk mengobati kencing manis, dan menurunkan demam karena malaria.

Pohon Pule memiliki tinggi 20-45 m dengan kulit daun dan batang bergetah putih. Kulit kayu Pule berasa pahit dan tidak berbau.

Pule mudah tumbuh di dataran rendah dan pesisir pantai hingga ketinggian 1000 mdpl. Pule tersebar di Afrika, Amerika tengah, Asia bagian selatan, Polynesia, New South Wales, Queensland, Australia Utara hingga kepulauan Solomon dan Malaysia.

Berita Terkait: Ragam Manfaat Tanaman Pare
Berita Terkait: HerbaCOLD: Obat Herbal Indonesia Pertama untuk Flu


Kulit batang Pule dalam ramuan jamu senng disebut sebagai "babakan pule". Kulit batang Pule yang relatif lunak selain digunakan untuk keperluan pengobatan, juga dapat dibuat aneka bentuk souvenir, seperti topeng dan gantungan kunci.

Kulit batang dan kulit cabang Pule mengandung: alkaloid ditain, ekitamina, ekitamin, ekitamidin, alstonin, ekiserin, ekitin, ekitein, porfirin dan triterpen. Kulit batang Pule memiliki khasiat sebagai analgesik (penghilang nyeri) dan antiprretik (penurun demam), sehingga "babakan pule" hampir selalu ada dalam tiap komposisi bahan penyusun ramuan jamu.

Senyawa triterpen dalam kulit batang Pule dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga juga digunakan untuk mengobati kencing manis. Selain itu, "babakan pule" juga digunakan untuk mengobati demam yang disebabkan oleh malaria.  (Sumber: Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI., Halaman 12-13). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: