Sido Muncul Bangun Pusat Riset dan Museum Jamu
Tanggal Posting : Minggu, 19 Desember 2021 | 07:56
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 519 Kali
Sido Muncul Bangun Pusat Riset dan Museum Jamu
Para Direksi Sido Muncul saat acara syukuran rencana pembangunan riset center dan museum jamu di kawasan pabrik Sido Muncul, Sabtu, 18 Desember 2021.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Dalam rangka HUT PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk ke-70 tahun dan 8 tahun menjadi perusahaan publik, ditandai dengan syukuran rencana pembangunan riset center dan museum jamu di kawasan Pabrik Sido Muncul, Ungaran, Jawa Tengah.

Acara syukuran ditandai dengan menekan tombol sirine dan membuka selubung maket oleh jajaran Direksi Sido Muncul. Menurut Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat tujuan pembangunan kawasan yang memiliki luas sekitar 4-5 ha ini untuk melestarikan budaya dan tradisi jamu serta menjadi pusat informasi dan pembelajaran ilmiah/edukasi.

"Pertama, riset center ini nantinya akan mengenai jamu, obat herbal, dan tanaman rempah. Tujuannya, kami ingin menemukan obat-obat alam (rempah) yang bisa bermanfaat bagi masyarakat," jelas Irwan Hidayat di area Pabrik Sido Muncul, Bergas, Klepu, Semarang, Sabtu, 18 Desember 2021.

Sido Muncul ingin mengembangkan dan membudidayakan tanaman obat sehingga dapat menghasilkan bibit rempah yang unggul, danmemiliki kandungan zat aktif tinggi.

"Kedua tujuan kami membangun museum, kami ingin generasi muda dapat mengerti tentang sejarah dan tradisi jamu, sehingga dapat melestarikan budaya jamu. Museum akan dikemas secara modern dengan dukungan teknologi kekinian," kata Irwan.

Acara yang diselenggarakan sesuai protokol kesehatan ketat ini turut dihadiri oleh Muhammad Arif Sambodo mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo,  Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Wali Kota Semarang yang diwakili oleh Asisten Pemerintah Bagian Perekonomian Widoyono, Wali Kota Salatiga diwakili oleh Wakil Wali Kota Salatiga Muhammad Haris, Kiai Haji Mustofa Bisri (Gus Mus), Komisaris Utama Sido Muncul, Jonatha Sofjan Hidajat, Komisaris Sido Muncul Johan Hidayat, Komisaris Sido Muncul, Sigit Hartojo Hadi Santoso, Direktur Utama Sido Muncul, David Hidayat, Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, dan Sandra Linata Hidayat.

Irwan menyampaikan semulanya acara syukuran seharusnya diadakan pada 11 November lalu. Akan tetapi diundur karena masih dalam suasana berkabung.

"Seharusnya acara ini diadakan bertepatan dengan HUT Sido Muncul ke-70 tahun pada 11 November. Tapi karena keluarga kami sedang berduka, maka kami lakukan pada 18 Desember ini," ujar Irwan.

"Harapan kami, dengan adanya riset center dan museum ini semakin banyak pengunjung yang datang ke tempat kami. Sebelum pandemi, total pengunjung setiap bulannya (Kebanyakan mahasiswa) adalah 8.000 pengunjung. Kami harap setelah ini bisa mencapai 40.000 pengunjung setiap bulannya," lanjut Irwan.

Pada syukuran kali ini, Sido Muncul turut memberikan bantuan sosial dengan total nilai Rp500 juta yang diserahkan melalui Gubernur Jawa Tengah sebesar Rp200juta, Wali Kota Semarang Rp100juta, Bupati Semarang Rp100juta, dan Wali Kota Salatiga Rp100 juta. (Sumber Berita: https://mediaindonesia.com/nusantara/458748/sido-muncul-akan-bangun-pusat-riset-dan-museum). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: