Sajian Pakis yang Nikmat dan Banyak Manfaat
Tanggal Posting : Jumat, 17 Januari 2020 | 09:35
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 1092 Kali
Sajian Pakis yang Nikmat dan Banyak Manfaat
Sayur tumbuhan pakis (Diplazium esculentum). Foto: www.jadimandiri.org.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Pakis adalah salah satu jenis tumbuhan paku-pakuan yang kerap diolah menjadi aneka masakan di berbagai daerah baik di Indonesia maupun negara lain. Di Indonesia, beberapa daerah akrab dengan masakan dari pakis ini, seperti Bali, Sumatera Barat, dan beberapa daerah di Kalimantan.

Tak hanya nikmat, tanaman yang bertekstur renyah saat dikunyah ini ternyata memiliki banyak manfaat. Pakis mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh akan tetapi rendah karbohidrat dan lemak. Karena itu, sayur pakis juga cocok untuk dijadikan pilihan menu makanan sehari-hari, melengkapi komponen ’Isi Piringku’.

Kandungan nutrisi pakis juga tinggi. Berikut adalah ulasan tentang kandungan nutrisi pada pakis yang dilansir dari laman IDN Times.

Vitamin A
Daun pakis segar kaya akan Vitamin A. Seperti diketahui, Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata, menjadi antioksidan untuk tubuh, serta menjaga daya tahan dan imunitas tubuh. Setiap 100 gram sayur pakis dapat menyumbangkan kira-kira 120% kebutuhan Vitamin A pada tubuh manusia setiap harinya.

Vitamin B
Vitamin B yang terkandung dalam sayur pakis adalah jenis Vitamin B kompleks yang terdapat B1, B2, B3, B5, dan beberapa lainnya. Vitamin B kompleks juga memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh, seperti membantu proses pembentukan sel darah merah, pembelahan sel, pengoptimalan fungsi otak, dan pembentukan jaringan tubuh.

Vitamin C
Kandungan Vitamin C memiliki manfaat seperti membantu menangkal radikal bebas sehingga tubuh akan terlindungi dari beragam virus jahat dan juga dapat berperan sebagai zat antioksidan. Sama seperti halnya Vitamin A, setiap 100 gram sayur pakis juga mengandung cukup banyak Vitamin C yang dapat membantu memenuhi kebutuhan Vitamin C pada tubuh.

Flavonoid
Sayur pakis juga mengandung Flavonoid yang berfungsi untuk melakukan konversi Vitamin A. Flavonoid memiliki manfaat sebagai antioksidan, pencegahan penuaan dini, efektif mengatasi diare, serta dapat menghindari trombus atau proses pembekuan darah.

Kalium
Selanjutnya, sayur pakis juga mengandung Kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, membantu proses penguatan tulang, dan dapat merelaksasikan detak jantung yang berlebihan. Setiap 100 gram sayur pakis dapat memberikan sekitar 7% kebutuhan Kalium tubuh dalam satu hari.

Kalsium dan Fosfor
Sayur pakis juga mengandung Kalsium dan Fosfor yang sangat baik bagi kesehatan tulang. Baik untuk memperkuat, menjaga, hingga memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tulang. Setiap 100 gram sayur pakis dapat menyumbang cukup banyak Kalsium dan Fosfor yang dibutuhkan tubuh dalam satu harinya.

Di samping memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, sayur pakis juga menjadi salah satu menu yang baik untuk diet karena rendah kalori, memiliki kandungan nol kolestrol, dan rendah lemak. *Artikel ini ditulis oleh Faradina Ayu dengan judul " Sajian Pakis yang Nikmat dan Banyak Manfaat," dimuat di MediaKom Kemenkes RI. Edisi 108. Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: