Ragam Khasiat Tanaman Penghasil Kapur Barus
Tanggal Posting : Senin, 19 Juli 2021 | 07:37
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 169 Kali
Ragam Khasiat Tanaman Penghasil Kapur Barus
Kapur barus berasal dari pohon kamper atau kayu kamper dengan nama ilmiah Cinnamomum camphora.

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu. Kapur barus merupakan zat padat berupa lilin berwarna putih yang agak transparan dengan aroma yang khas dan kuat. Umumnya kapur barus diletakan di dalam lemari atau kamar mandi, yang berguna sebagai pengharum, pengusir kecoak sampai menjaga kelembaban berlebih sehingga mencegah jamur pada ruang lembab.

Lalu dari manakah asal kapur barus itu? Kapur barus berasal dari pohon kamper atau kayu kamper dengan nama ilmiah Cinnamomum camphora yang termasuk kedalam suku Lauraceae berkerabat dekat dengan tumbuhan Alpukat, Kayu Manis dan tumbuhan lainnya yang termasuk ke dalam suku Lauraceae.

Pohon kamper mengandung senyawa kimia volatil di seluruh bagian tumbuhan, sehingga kayu dan daunnya didistilasi uap untuk memperoleh minyak atsiri. Pohon kamper memiliki enam varian senyawa kimia berbeda, yaitu: kamper, linalool, 1,8-sineola, nerolidol, safrola, dan borneol.

Pohon kamper daunnya memiliki tampilan mengkilat dan melilin, serta mempunyai aroma kapur barus saat dilumatkan. Daun berwarna hijau terang dengan bunga putih kecil, buah berwarna hitam dengan diameter sekitar 1 cm (0,39 in). 

Kulit kayu pucat sangat kasar dengan retakan vertikal. Pohon kamper dapat tumbuh mencapai tinggi 20–30 m. Pohon kamper berasal dari Tiongkok, Taiwan, Jepang, korea dan Vietnam, serta telah diperkenalkan di banyak negara lain.

Khasiat dari pohon kamper selain dari kapur barus adalah, kegunaannya sebagai minyak kamper, yang bersifat aromatik, dan, memiliki sifat anti-inflamasi sehingga sering menjadi bahan dalam obat gosok, dan balsem. Minyak kamper diekstraksi dari kayu pohon kamper, yang memiliki aroma sangat kuat. Banyak orang menggunakannya untuk meredakan iritasi, gatal, dan nyeri.

Gunakan hanya produk minyak kamper dengan konsentrasi 11% atau kurang. Jangan mengoleskan produk kamper pada kulit yang rusak atau terluka, karena berpotensi menimbulkan toksisitas. Selalu ikuti petunjuk pada kemasan dengan hati-hati.

Kebun Raya Cibodas yang merupakan lembaga konservasi tumbuhan secara ex situ (memelihara tumbuhan di luar habitatnya), mempunyai tanaman koleksi yang sangat beragam baik suku, marga maupun jenis tak terkecuali tanaman koleksi dari marga Cinnamomum spp. salah satunya adalah pohon kamper Cinnamomum camphora. Pohon kamper dapat tumbuh baik di Kebun Raya Cibodas, di ketinggian 1300 – 1425 m dpl.

Keberadaan pohon kamper di Kebun Raya Cibodas merupakan bagian dari kekayaan koleksi tanaman, yang mempunyai nilai tinggi secara ilmiah maupun ekonomi. Tanaman-tanaman koleksi tersebut tidak difungsikan sebagai tumbuhan produksi melainkan sebagai tumbuhan koleksi guna kepentingan konservasi dan penelitian.

Berdasarkan Sistem Informasi Data Tanaman (SINDATA) Kebun Raya Cibodas Pohon Kamper/Cinnamomum camphora di Kebun Raya Cibodas terdiri dari 56 pohon dari 10 momor koleksi dan koleksi tertua ditanam pada tahun 1930 (91 tahun). (Sumber Berita: https://krcibodas.lipi.go.id/tanaman-penghasil-kapur-barus-di-kebun-raya-cibodas/). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: