RS UI Depok Disiapkan Menjadi RS Pusat Rujukan COVID-19
Tanggal Posting : Minggu, 27 September 2020 | 06:37
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 198 Kali
RS UI Depok Disiapkan Menjadi  RS Pusat Rujukan COVID-19
RS UI Depok siap dijadikan RS Pusat Rujukan COVID-19 untuk menyangga Ibu Kota Jakarta.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. RS UI Depok disiapkan untuk RS Pusat Rujukan COVID-19, megingat Depok sebagai salah satu penyangga Ibu Kota- Jakarta agar menjadi pengurai kasus COVID-19.

Tim Task Force Kemenkes kembali mengunjungi kota Depok pada 25 September 2020. Rombongan dipimpin oleh Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Pelayanan, Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyatno,Sp.B, MARS, didampingi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), dr. Cut Putri Arianie, MHKes.

Kunjungan bertujuan memastikan kesiapan Rumah Sakit rujukan COVID-19 di Kota Depok telah berjalan dengan baik serta mengetahui kendala apa yang terjadi dalam penanganan COVID-19.

Sebagai Penyangga Ibu Kota, Kota Depok diharapkan dapat menjadi pengurai kasus COVID-19 serta memiliki Fasilitas Pelayanan Kesehatan khusus untuk menanganai kasus COVID-19. Kota Depok sendiri memiliki 21 RS dan menyiapkan 3 RS Rujukan sesuai dengan SK Kemenkes.

Dalam kesempatan tersebut Jajang mengatakan bahwa dalam penanganan COVID-19 ini perlu melibatkan seluruh sektor dan tatanan dari hulu sampai ke hilir dalam hal ini rumah sakit.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono menyampaikan bahwa upaya Kota Depok dalam penyediaan tempat isolasi mandiri sudah ditindaklanjuti dengan mencari lokasi yang aman untuk digunakan, serta akan bekerjasama dengan TNI mengenai fasilitas Wisma Atlet di Cilodong.

’’Di Kota Depok terdapat Wisma Atlet milik Kostrad yang memiliki kapasitas tempat tidur sebanyak 600, dan berdekatan dengan Batalyon kesehatan’’ jelasnya.

Kemenkes Optimis bahwa Depok bisa menjadi pengurai kasus COVID-19, didukung SDM dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang ada dan yang bisa dikembangkan.

’’Depok sebenarnya sudah memiliki RS yang memiliki Fasilitas memadai untuk Penanganan COVID-19 yaitu, RS UI,’’ ungkap Jajang.

Berita Terkait: Kemenkes Sarankan Tiga Jenis Masker untuk Dipakai 

RS UI Siap Menjadi RS Pusat Rujukan COVID

Menurutnya RS UI sendiri kapasitasnya dapat dikembangkan hingga sekitar 450 Tempat Tidur (TT) didekasikan untuk pelayanan khusus. Pihak RS UI sendiri juga siap apabila dijadikan sebagai RS Pusat Rujukan COVID di Depok. Sebelumnya RS UI telah menyiapkan 13 TT Intensif COVID dengan 5 Ventilator, 2 IGD Isolasi serta 42 TT untuk isolasi, yang berada di dua lantai yaitu lantai 13 dan 14 yang dikhususkan untuk melayani COVID.

’’Dengan adanya RS yang di khususkan ini harapannya dapat mengurangi penumpukan pasien di RS lainnya mengenai ketersediaan tempat tidur’’ tambah Jajang

Kemenkes akan membantu mendorong kebutuhan terkait SDM Kesehatan yang terampil dalam penanganan COVID-19 dan kebutuhan alat kesehatan seperti ventilator guna mendukung pengembangan ini. Di hilir, Kota Depok diharapkan dapat secara stimultan melakukan sosialisasi protokol kesehatan dengan melibatkan tokoh masyarakat, agama, dan TNI/Polri.

Direktur PTM Kemenkes dr Cut Putri Arianie menambahkan agar upaya pemeriksaan PTM tetap dilaksanakan guna mendeteksi penyakit yang berpotensi menjadi Silent Killer seperti hipertensi.

Dalam kesempatan yang sama, Kemenkes juga memberikan bantuan berupa ventilator secara simbolis untuk membantu penanganan COVID-19 dan Bahan Pangan Tambahan (BPT) kepada pemerintah Kota Depok. Demikian berita yang disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. di website Kemkes. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: