Optimalisasi Manfaat dan Keamanan Suplemen Imunitas
Tanggal Posting : Minggu, 19 September 2021 | 08:06
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 919 Kali
Optimalisasi Manfaat dan Keamanan Suplemen Imunitas
Untuk mempercepat pemulihan pada fenomena long covid dan menjaga kondisi tubuh tetap prima dapat dibantu dengan suplementasi daya tahan tubuh herbal maupun vitamin mineral

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu.  Optimalisasi manfaat dan keamanan Suplemen/ Obat Tradisional dapat dicapai dengan cara: Tepat Bahan, Tepat Takaran/Dosis, Tepat Waktu Penggunaan, Tepat Cara Penggunaan, Tepat Kandungan kimia bahan dengan kondisi penderita.

Demikian antara lain yang mengemuka saat webinar PDHMI bekerja-sama dengan PT. Mustika Ratu pada Webinnar Seri 4 dengan tema "Manfaat dan Efek Samping Penggunaan Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas", Kamis, 16 September 2021, Pukul: 13.00-15.00 WIB.

Tampak hadir Ketua Panitia Webibar, dr. Zizi Tamara, M.Si.,  Ketua UMUM PDHMI, Dr. dr. Slamet Sudi Santoso, Mpd.Ked. dan beberapa pengurus PDHMI lainnya. Sedangkan tokoh Kesehatan yang ikut menjadi panelis, antara lain: Dr. dr. M. Yulis Hamidy M.Kes. M.Pd.Ked., Prof. Dr. R. Sidik, Apt., Prof.Dr.Qomariyah, MS.SP.KKLP.

Dua Narasumber yang tampil yaitu dr. Rimenda Sitepu, M.Si, SpFK, dan apt. Kusuma Westri, SSi. Bertindak sebagai moderator: dr. Rianti Maharani, M.Si.

apt. Kusuma Westri, SSi. Menjelaskan bahwa Suplemen Kesehatan dalah produk yang dimaksudkan untuk melengkapi kebutuhan zat gizi, memelihara, meningkatkan dan/atau memperbaiki fungsi kesehatan, mempunyai nilai gizi dan/atau efek fisiologis, mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino dan/atau bahan lain, bukan tumbuhan yang dapat dikombinasi dengan tumbuhan (BPOM).

Peluang penyebab efek samping Suplemen, antara lain Pencampuran Suplemen dengan BKO (Bahan Kimia Obat), Interaksi Farmakodinamika, Interaksi Farmakokinetika dengan makanan, ungkap Kusuma Westri dari Mustika Ratu.

Suatu imunomodulator bukan merupakan imunogen atau antigen, akan tetapi suatu bahan obat yang mampu memodulasi komponen sistem imun (menekan atau meningkatkan aktivitas sistem imun) tanpa bereaksi atau berikatan secara imunologis, bekerja melalui reseptor karbohidrat yang ada di permukaan masing-masing sel imunokompeten, melalui TLR (toll-like receptor) atau melalui cara lain yang belum diketahui, lanjut Kusuma Westri mengutip pendapat Prof. Suprapto Maat, saat Pengukuhan Guru Besar.

Berdasarkan mekanisme kerjanya, imunomodulator dibagi menjadi:

  • Imunostimulator adalah bahan-bahan yang dapat meningkatkan fungsi dan aktivitas sistem imun,
  • Imunorestorator adalah bahan-bahan yang dapat mengembalikan fungsi sistem imun yang terganggu dengan cara memberikan berbagai komponen dari sistem imun,
  • Imunosupresor adalah bahan-bahan yang dapat menekan fungsi dan aktivitas sistem imun normal atau sistem imun yang terganggu.

Aplikasi klinik imunostimulator digunakan untuk pengobatan kasus-kasus imunodefisiensi, sebagai adjuvan antibiotika untuk pengobatan infeksi yang berat dan dapat juga untuk membuat sistem imun seseorang menjadi siap pakai (on prepare state) terutama bagi orang yang bekerja di lingkungan berisiko tinggi terkena infeksi, misalnya pekerja rumah sakit atau orang yang berada di lingkungan yang sedang terjadi wabah penyakit menular, misalnya wabah demam berdarah.

PDHMI Mustika Ratu

Sekilas Herbamuno

Herbamuno dengan tagline: Menjaga Imun Tubuh Tetap Prima merupakan produk inovasi terkini dari Mustika Ratu sebagai Jamu Immunomodulator. Herbamuno dikembangkan dari kombinasi 5 (lima) bahan yang sudah terbukti secara empiris keamanan dan efektifitasnya dalam menjaga daya tahan tubuh, yang bersinergi dengan khasiat lain di masing-masing ingredient seperti antiradang anti nyeri, batuk dan sesak napas, anti diare, hepatoprotektor dan gastroprotektor.

Herbamuno terbuat dari ramuan herbal berkhasiat dari alam Indonesia: Sambiloto, Akar Manis, Meniran, Jahe Emprit, Daun Jambu Mete.

Sambiloto (Andrographis paniculata). Ekstrak sambiloto mengandung diterpenoid, diterpene glycosida, lakotona, flavonoid, dan flavonoid glikosida. Sambiloto berfungsi sebagai anti demam, anti radang, anti nyeri, dan hepatoprotector. Telah dilakukan uji klinik randomized double blind pada pasien dengan infeksi saluran pernapasan bagian atas tanpa komplikasi. Dari penelitian klinik ditunjukkan bahwa ekstrak Sambiloto efektif untuk mengurangi gejala dari infeksi saluran pernafasan atas dengan efektivitas 2 kali (52,7 %) lebih tinggi dari plasebo (Saxena et al., 2010)

Akar Manis (Glycyrrhizae Radix). Akar manis digunakan sebagai antiinflamasi, hepatoprotector, gastroprotector, meredakan batuk dan sesak nafas. Flavonoid yang terkandung menunjukkan aktivitas sebagai antiinflamasi salah satunya dengan menekan ekspresi inducible nitric oxide synthase (iNOS) yang memiliki peran penting timbulnya inflamasi  (Jiang et al., 2018)

Meniran (Phyllanthus urinaria). Senyawa yang terkandung dalam meniran adalah lignan, flavonoid, tanin, dan konstituen benzonid. Meniran memiliki fungsi anti radang, hepatoprotector, dan gastroprotector. Uji in vivo pada rentang dosis 0,002 - 20 mg menunjukkan peningkatan yang signifikan pada aktivasi neutrofil dan respon antibodi. Hasil pengujian ini mengindikasikan ekstrak Meniran memiliki potensi sebagai imunostimulan (Muthulakshmi et al., 2016)

Jahe Emprit (Zingiber Officinale). Mengandung gingerol, shogaol, dan zingibere yang memiliki aktivitas antioksidan, antiinflamasi, analgesik, imunomodulator, dan gastroprotector. Uji in vivo menunjukkan bahwa minyak atsiri jahe yang diberikan sehari sekali per oral selama seminggu dapat meningkatkan respon imun humoral. Imunitas humoral melibatkan interaksi antara sel-B dengan antigen untuk selanjutnya terjadi proliferasi dan diferensiasi menjadi sel plasma yang mensekresi antibodi (Carrasco et al., 2009).

Daun Jambu Mete (Anacardium occidentale). Berbagai penelitian membuktikan bahwa ekstrak daun A. occidentale mengandung senyawa fenolik seperti kuercetin, antosianin, dan tanin serta berkaitan dengan sejumlah efek farmakologi seperti antiinflamasi, hepatoprotector, antioksidan, bronchodilatory, meredakan diare, dan anti radang. 

Untuk memaksimalkan manfaat dan meminimalkan efek samping suplemen daya tahan tubuh, maka harus ada informasi yang memadai pada kemasan produk.

Untuk mempercepat pemulihan pada fenomena long covid dan menjaga kondisi tubuh tetap prima dapat dibantu dengan suplementasi daya tahan tubuh herbal maupun vitamin mineral. *) Inforial Kerjasama PDHMI & JamuDigital.


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU, NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2023. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: