Indonesia Negara Super Power Biodiversitas, Mari Kita Optimalkan Manfaatnya
Tanggal Posting : Sabtu, 31 Juli 2021 | 07:10
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 190 Kali
Indonesia Negara Super Power Biodiversitas, Mari Kita Optimalkan Manfaatnya
Kekayaan biodiversitas di Indonesia adalah hadiah cuma-cuma yang harus kita manfaatkan bersama.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Jika biodiversitas di Indonesia yang terdapat di darat dan di laut digabungkan, maka Indonesia dapat disebut sebagai negara ’super power’, negara terbesar di dunia yang memiliki kekayaan keanekaragaman hayati atau biodiversity. Mari kita optimalkan agar menjadi kekuatan daya saing bangsa. 

Demikian ditegaskan oleh Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc.,Ph.D. saat memberikan sambutan pada Webinar Series PDHMI bekerjasama dengan KABIOGAMA dan PT. Mustika Ratu dengan tema "Peran Gizi dan Herbal untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Awet Muda", akan diadakan pada Jumat, 30 Juli 2021,

"Ketika saya menghadiri seminar nasional Biologi Tropika yang dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI., Sandiaga Uno, Beliau mengatakan Indonesia adalah the second megabiodiversity country. Kemudian saya koreksi mohon maaf Pak Menteri kalau hanya terestrial biodiversity, yes we are the second," Prof. Budi Setiadi Daryono menguraikan pengalamannya.

Tetapi, jika kekayaan hayati-biodiversitas di Indonesia yang ada di darat dan yang ada di laut digabungkan, maka Indonesia akan menjadi negara nomor satu di dunia dalam hal kekayaan hayati.

Oleh karena itu, lanjut Dekan Fakultas Biologi UGM itu, ini adalah anugerah terbesar bangsa kita yang diberikan dengan cuma-Cuma. Tadi Ketua PDHMI juga mengatakan Indonesia memliki 30.000 spesies tanaman, diantaranya sudah banyak yang diteliti dan diamati dan juga dimanfaatkan sebagai herbal dan juga Obat Herbal Terstandar (OHT) dan Fitofarmaka.

Fakultas Biologi yang sebentar lagi, pada 19 September 2021 akan berusia 66 tahun. Saya kira kalau mahasiswa-mahasiswa dulu yang di UGM itu dari Kedokteran, Kedokteran Gigi,  Farmasi, Kedokteran Hewan, -itu rata-rata pernah praktikum di Fakultas Biologi yaitu praktikum biologi dasar.

Media Jamu, Nomor Satu

Prof. Budi Setiadi berkisah, "Saya masih ingat, ketika Bapak Jokowi, Presiden Republik Indonesia datang ke UGM. Bapak dulu juga pernah praktikum ya di Fakultas Biologi. "Beliau senyum.. iya." Yang praktikum biasanya kalau tidak Botani, Zoologi, dan praktikum Biologi Dasar.

Tentunya Fakultas Biologi memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam menggembangkan ilmu-ilmu dasar yang tadi disampaikan oleh Dr. Slamet Sudi Santoso (Ketua PDHMI) yang dapat bekerjasama menunjang dalam biomedik. Syukur alhamdulillah di Fakultas Biologi UGM, kita bekerja sama dengan B2P2TOOT di Tawangmangu.

"Kami sangat senang apabila malam hari ini, apa lagi tadi hadir juga dari Mustika Ratu dan kemudian sekarang juga berkembang sebagai industri jamu dan kosmetik," Prof Budi Setiadi Daryono mengakhir sambutannya. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: