Obat Herbal Dalam Pandangan Medis
Tanggal Posting : Kamis, 25 Maret 2021 | 11:53
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 214 Kali
Obat Herbal Dalam Pandangan Medis
dr. Resna Murti Wibowo, Sp.PD, FINASIM, M.Kes saat menyampaikan presentasi pada serial Webinar yang dilaksanakan oleh Krista Exhibitions bersama GP. Jamu, pada Selasa, 23 Maret 2021.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah untuk dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pengobatan tradisional atau herbal. Di masa modern ini, penggunaan obat herbal tentunya tidak kalah pentingnya dengan obat kimia.

Demikian dikemukakan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Resna Murti Wibowo, Sp.PD, FINASIM, M.Kes saat menyampaikan presentasi pada serial Webinar yang dilaksanakan oleh Krista Exhibitions bersama GP. Jamu, pada Selasa, 23 Maret 2021.

Webinar dengan tema: “Peranan Jamu Sebagai Imun Booster Di Era Pandemik”, ikut memberikan kata sambutan, yaitu: Dwi Ranny Pertiwi Zarman, Ketua Umum GP Jamu, dan Daud D. Salim, CEO Krista Exhibitions.

dr. Resna Murti Wibowo, Sp.PD, FINASIM, M.Kes mengatakan banyak tumbuhan yang memiliki khasiat untuk mengobati bahkan menyeimbangkan fungsi organ tubuh. Lalu bagaimana tanggapan dunia medis terhadap obat herbal yang juga dikenal sebagai jamu ini?

Beliau menjelaskan baik obat herbal maupun obat kimia, memiliki manfaat bagi pengobatan."Saya sebagai dokter lebih pro agar keduanya dapat digunakan, baik herbal maupun obat kimia," ujar dr. Resna.

Ia menjelaskan bahwa obat herbal memiliki manfaat untuk mengembalikan serta menyeimbangkan fungsi organ tubuh. Namun manfaatnya tidak dapat dirasakan secara cepat, karena prosesnya pun berlangsung secara bertahap.

"Di mana herbal dapat mengembalikan dan menyeimbangkan fungsi organ tubuh, tapi membutuhkan proses waktu, jadi prosesnya itu bertahap dalam mengembalikan kekuatan tubuh," jelas dr. Resna.

Sementara itu, untuk obat kimia memiliki efek yang lebih cepat dalam meredam gejala penyakit. "Sedangkan obat kimia berperan untuk menindak dan meredam gejala penyakit, ya sifatnya lebih instan," kata dr. Resna.

Namun yang perlu diwaspadai untuk penggunaan obat kimia adalah efek samping yang bisa ditimbulkan karena dapat berdampak pada organ tubuh lainnya. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: