6 Manfaat Teripang bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya
Tanggal Posting : Kamis, 16 September 2021 | 09:58
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 185 Kali
6 Manfaat Teripang bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya
Berikut ini 6 manfaat Teripang bagi kesehatan dan cara mengolahnya.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Teripang telah dikenal sejak lama dalam pengobatan Cina. Berkat kandungan protein yang tinggi, manfaat Teripang diketahui sangat banyak untuk kesehatan. Hewan laut ini dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan hati, serta menurunkan risiko terkena kanker.

Teripang atau timun laut adalah jenis hewan laut yang tidak bertulang belakang dan memiliki ukuran tubuh yang panjang. Hewan ini umumnya ditemukan di dasar laut dan paling banyak di kawasan Asia Pasifik.

Di negara Asia dan Timur Tengah, Teripang telah digunakan sebagai bahan makanan, baik dalam bentuk segar maupun kering. Dalam pengobatan Cina, Teripang digunakan untuk mengatasi kelelahan, impotensi, sembelit, hingga nyeri sendi.

Manfaat Teripang tentunya tak lepas dari kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Di dalam 100 gram teripang, terdapat 60 kalori dan beragam nutrisi lain, meliputi: Protein, Lemak, Vitamin A, Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B3 (niacin), Kalsium, Magnesium.

Selain itu, Teripang juga diketahui bersifat antikoagulan, antitumor, antijamur, dan antioksidan. Tak hanya sekadar mitos, manfaat Teripang untuk kesehatan tidak peru diragukan lagi dan telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat Teripang:

1. Mengatasi penyakit arthritis

Manfaat Teripang yang paling banyak dibicarakan adalah mengatasi penyakit radang sendi atau arthritis. Ini berkat kandungan senyawa antiperadangan yang dapat mengobati beberapa gangguan inflamasi, mulai dari alergi ringan hingga kondisi seperti rheumatoid arthritis.

Selain itu, Teripang juga kaya akan kandungan kondroitin sulfat, yaitu zat yang ditemukan di tulang rawan manusia dan biasanya digunakan untuk mengatasi radang sendi, seperti osteoarthritis.

2. Menurunkan kadar kolesterol darah

Penelitian menunjukkan bahwa tingginya kadar protein dalam teripang diduga dapat menurunkan trigliserida dan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Ini tentunya dapat menurunkan risiko terjadinya aterosklerosis yang menjadi penyebab umum penyakit jantung koroner.

3. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Berkat kandungan protein yang tinggi dan lemak yang rendah, teripang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Senyawa antiperadangan yang dimiliki Teripang juga mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan memelihara kesehatan pembuluh darah.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa Teripang memiliki senyawa antikoagulan. Senyawa ini berperan dalam mencegah terjadinya pembekuan darah yang merupakan salah satu penyebab serangan jantung. Teripang juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Teripang memiliki kandungan triterpenoid yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kulit.

Selain itu, Teripang juga mengandung cerebrosides yang dapat melindungi usus dari peradangan dan tumor. Namun, manfaat teripang yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efektivitasnya.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Teripang mengandung glikosaminoglikogan sulfat yang diketahui dapat mempercepat penyembuhan luka, baik luka pada permukaan kulit maupun kerusakan di dalam tubuh. Selain dalam bentuk tablet, losion yang mengandung Teripang juga dapat membentuk jaringan kulit baru yang rusak karena luka.

6. Menjaga kesehatan fungsi hati

Penelitian menunjukkan bahwa teripang dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan hati dan diabetes. Teripang juga dapat mencegah kanker hati dan meningkatkan fungsi ginjal.

Selain itu, manfaat Teripang juga diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi sering buang air kecil, dan mencegah munculnya tanda penuaan dini. Namun, berbagai manfaat Teripang untuk kesehatan tubuh ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan efektivitasnya.

Anda juga sebaiknya menghindari Teripang jika sedang mengonsumsi obat pengencer darah atau alergi terhadap kerang dan makanan laut. Ibu hamil dan menyusui juga tidak disarankan untuk mengonsumsi Teripang.

Cara Tepat Mengolah Teripang

Anda dapat membeli Teripang segar dari pasar ikan atau dalam bentuk kering yang dijual bebas. Namun, jika memutuskan untuk membeli Teripang kering, pilihlah toko yang terpercaya untuk memastikan keamanan dan kesegarannya. Berikut ini adalah beberapa cara mengolah Teripang yang dapat Anda lakukan:

  • Sebelum diolah, rendam Teripang dalam air selama 2 hari dan ganti airnya sekali sehari.
  • Setelah direndam, rebus Teripang selama 30 menit.
  • Selanjutnya, bersihkan Teripang dengan mengeluarkan organ dalam teripang hingga benar-benar bersih.
  • Setelah langkah tersebut dilakukan, Anda dapat mengolah Teripang menjadi berbagai jenis hidangan lezat, seperti tumis Teripang, Teripang asam manis, atau bubur Teripang.

Jika Anda mengonsumsi Teripang dalam bentuk suplemen, pastikan untuk memilih produk yang sudah terdaftar di BPOM agar keamanannya terjamin.

Meski manfaat Teripang begitu banyak untuk kesehatan, Anda dianjurkan untuk tetap hati-hati saat mengonsumsinya. Bila Anda mengalami keluhan, seperti mual, muntah, gatal-gatal, atau bahkan sesak napas setelah mengosumsi Teripang, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (Sumber Berita: https://www.alodokter.com/mengolah-manfaat-teripang-jadi-camilan-dan-obat-obatan). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: