Narasa Adakan Bincang Sehat dan Workshop Herbal untuk Millenial
Tanggal Posting : Senin, 28 Oktober 2019 | 13:17
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 255 Kali
Narasa Adakan Bincang Sehat dan Workshop Herbal untuk Millenial
Narasumber dr. Prapti Utami, M.Si, dan Asri Saraswati serta peserta acara Bincang Sehat dan Workshop Herbal yang digelar oleh Narasa di Jakarta, 26 Oktober 2019.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. "Makna ‘sehat’ itu tidak selalu terkait dengan penyakit. Ada berbagai macam jenis ‘sehat’, seperti sehat fisik, sehat emosional, sehat spiritual, sehat finansial, sehat sosial. Lantas, sudah ‘sehat’ kah Anda dari banyak ragam ‘sehat’ tersebut?"

Demikian sekelumit kata pembuka oleh dr. Prapti Utami, M.Si. ketika mengisi Bincang Sehat: Manfaat Nutrisi dan Herbal untuk Sehat Alami, pada Sabtu, 26 Oktober 2019, di Toko Curah Selama Ada di Bumi, Tebet, Jakarta Selatan.

Ini merupakan kegiatan ke-4 dari rangkaian Bincang Sehat yang diadakan secara rutin oleh Narasa. Kegiatan ini berupa kelas kecil dengan 15 orang peserta yang terdiri dari: Psikolog, Farmasis, Pengusaha Jamu, Pegiat Komunitas dan Anak-anak muda yang tertarik gaya hidup sehat dengan herbal.

Pada materi pertama, Prapti Utami menyampaikan filosofi dan persepsi sehat, serta penggunaan tanaman obat dan bumbu dapur untuk mengatasi berbagai penyakit ringan. Beliau membuat angket untuk peserta, agar dapat menganalisis status kesehatannya saat ini. Dari sana, peserta dapat mulai memetakan posisi status sehat dia- ada dimana dan bagaimana penanganannya.

Selain itu, juga dijelaskan asal muasal terjadinya peradangan. "Adanya peradangan merupakan pertanda tubuh sedang tidak baik, ada keseimbangan yang terganggu. Pengatasan dan pencegahannya tentu dapat dilakukan dengan membudayakan hidup sehat," Prapti menjelaskan.

Budaya hidup sehat, lanjut dia, dapat dilakukan dengan cara: Pertama: Stop 5P (Pewarna, Penyedap, Pengawet, Pemanis dan Pangan dengan pestisida -GMO, Genetically Modified Organism). Kedua: Pola konsumsi sayur dan herbal dengan mengenali 3J1C: Jumlah, Jenis dan Manfaat, Jadwal dan Cara Mengolah. Ketiga: Kelola 5 Keseimbangan: aktivitas kerja, asupan makanan dan minuman, istirahat, sosialiasi dan rekreasi.

Acara selanjutnya adalah Workshop Pembuatan Turmeric Latte yang diperagakan oleh Asri Saraswati dari Agradaya, sebuah sosiopreneurship yang bergerak di bidang Jamu dan rempah di Yogyakarta.

Menariknya, Asri menggunakan santan kelapa kental sebagai pengganti susu, agar Turmeric Latte tersebut bisa dikonsumsi oleh para vegetarian maupun orang-orang yang alergi terhadap susu hewani.

Ternyata, penggunaan santan kelapa justru menjadikan aroma minuman tersebut semakin sedap. Selain menggunakan bubuk rempah seperti Kunyit dan Jahe, juga ditambahkan bubuk Kapulaga ke dalam campuran. Beberapa peserta juga menambahkan Gula Aren cair ke dalam minumannya untuk memberikan rasa manis.

"Kalian menginspirasi saya hari ini untuk lebih proaktif melakukan self-healing dengan melakukan budaya hidup sehat. Masak susu Kunyit dari kelapa itu juga ternyata enak banget rasanya. Apalagi pakai Gula Aren. Overall, hari ini berguna banget untuk persiapan menjadi good mother kelak", tulis Annisa Nurul, salah satu peserta dari Bogor, di akun instagramnya. Liputan Citra Kurnia Solihat (Apoteker), Kontributor Ahli Farmasi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2019. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: