Mengobati Influenza dengan Daun Sembung
Tanggal Posting : Rabu, 16 Desember 2020 | 09:39
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 4697 Kali
Mengobati Influenza dengan Daun Sembung
Daun sembung berkhasiat mengatasi reumatik sendi, influenza, demam, sesak napas (asma).

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Daun Sembung ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan pengobatan secara tradisional. Apa yang biasa kita lakukan ketika tiba-tiba terserang sakit ringan seperti flu?

Tumbuhan ini hidup di tempat terbuka sampai tempat yang agak terlindung di tepi sungai, tanah pertanian, atau ditanam di pekarangan dan dapat tumbuh pada tanah berpasir atau tanah yang agak basah. Perbanyakan dengan biji atau pemisahan tunas akar.

Sifat dan Khasiat
Daun sembung rasanya pedas, sedikit pahit, sifatnya hangat, berbau seperti rempah. Daun berkhasiat mengatasi reumatik sendi, persendian sakit setelah melahirkan, nyeri haid, datang haid tidak teratur, influenza, demam, sesak napas (asma).

Berita Terkait: Ragam Manfaat Tanaman Cocor Bebek
Berita Terkait: Informasi Lengkap Obat Modern Asli Indonesia


Selain itu juga dapat mengobati batuk, bronkitis, perut kembung, diare, perut mulas, sariawan, nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah koroner (angina pektoris), dan kencing manis (diabetes mellitus).

Akar muda berkhasiat mengatasi darah haid berlebihan (menoragia), kurang nafsu makan, sakit perut, diare, cacingan, dan reumatik sendi.

Cara Pemakaian
Gunakan daun dan akar muda dari tumbuhan yang belum berbunga, segar atau yang telah dikeringkan. Untuk obat yang diminum, rebus daun kering (9-18 gram) atau daun segar (20-30 lembar).

Untuk pemakaian luar, rebus daun segar, lalu gunakan airnya untuk cuci atau giling halus daun segar untuk pengobatan wasir, memar, bisul, radang kulit bernanah, dan gatal-gatal pada kulit.

(Sumber: Dikutip dari Buku Ayo Mengenal Tanaman Obat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian - Jakarta: IAARD Press, 2012, Halaman 47). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: