Menganalisa Manfaat Jamu dengan Berbagai Pendekatan
Tanggal Posting : Selasa, 11 Februari 2020 | 06:49
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 200 Kali
Menganalisa Manfaat Jamu dengan Berbagai Pendekatan
dr. Fransiscus Kiki Sulistyo saat presentasi pada 1st International Conference on Traditional Medicine, di Surakarta, 20 Januari 2020.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Jurusan Jamu Poltekkes Kemenkes Surakarta menyelenggarakan seminar internasional upaya meramu jamu yang rasional "1st International Conference on "1st International Conference on Traditional Medicine" kerjasama antara HMJ Jurusan Jamu, Jurusan Jamu Poltekkes Kemenkes Surakarta dan COE Poltekkes Kemenkes Surakarta, 20 Januari 2020 di Surakarta, Jawa Tengah.

Seminar 1st International Conference on Traditional Medicine ini dihadiri mahasiswa, praktisi kesehatan tradisional, akademisi, birokrat, kalangan industri dengan jumlah sekitar 500 orang. Tema seminar adalah "The Effort to Develop Health Traditional Service with Rational Holistic Approach".

Latar belakang pemilihan tema tersebut terkait dengan semakin banyaknya bukti penelitian beberapa ramuan Jamu secara klinis, namun hingga saat ini masih banyak kalangan masyarakat yang apriori terhadap penggunaan Jamu. Sementara, saat ini penelitian Jamu berbasis pelayanan sudah banyak dipelopori pada beberapa fasilitas pelayanan kesehatan tradisional dan terbukti ramuan Jamu tersebut bermanfaat, aman, menyehatkan dan mampu mengurangi gejala gangguan kesehatan.

Seminar ini menghadirkan pakar bidang kesehatan tradisional dari empat negara, yang mengupas dan meyakinkan tentang manfaat Jamu sebagai warisan budaya leluhur untuk kesehatan, bukti-bukti penelitian ilmiah tentang Jamu, cara menyediakan ramuan yang baik, aman, bermanfaat, rasional, sesuai dengan kepakaran masing-masing.

Pembicara yang terakhir: dr. Fransiscus Kiki Sulistyo dari Jerman. Beliau warga Indonesia, asli dari Malang. Mengenyam berbagai pendidikan di Jerman hingga saat ini menetap di Jerman. Beliau juga membuka pelayanan klinik secara privat di Dormagen, Jerman. Materi yang disampaikan antara lain pengintegrasian antara pengobatan konvensional dengan tradisional, terutama yang menggunakan ramuan.

Selain menggunakan ramuan, dr. Kiki juga sering menggunakan pengobatan dengan metode tradisional untuk membantu pemulihan pasiennya, antara lain dengan Chinnese Herbal Medicine, akupunktur, dan tuina.Upaya ini dilakukan untuk menggairahkan kembali pengembangan jamu sebagai warisan budaya leluhur, sehingga dapat diterapkan dalam mengembangkan upaya pelayanan kesehatan tradisional secara holistik yang rasional.

Berita Terkait: Seminar Internasional Meramu Jamu Rasional

Kiki Sulistyo mengupas tentang Rational Therapy Strategy In The Herbal Medicine: Chinese Herbal Medicine Therapy Strategy sebagai salah satu prinsip model yang rasional, Studi Perbandingan antara Jamu dan Chinese Herbal Medicine.

Dr. Kiki dalam presentasi sering melontarkan beragam pertanyaan, kemudian dijelaskannya. Bagaimana kita bersama dapat mengoptimalkan potensi Jamu? Arahnya ke mana? Jamu Indonesia masa kini, opini dan asumsi. Pertanyaannya: kuantitas dan kualitas penggunaan dan konsumsi Jamu?

Teori penggunaan Jamu untuk indikasi-indikasi tertentu? Dasar teorinya apa? Western? Biokimia/Biofisika? Dasar-dasar tradisional? Materia medika? Meracik resep tertentu untuk symptom /keluhan tertentu? patomekanisme dan strategy tertentu? Perbandingan sistem pengobatan tradisional Jamu dengan sistem pengobatan yang lain: Western Medicine, Chinese Medicine, Kampo Medicine, Tibetian Medicine, Ayurveda Medicine.

Kearah mana kita ingin dan akan berkembang Fitofarmaka Jamu? Saintifikasi Jamu? Apa maknanya? Western medicine parameter? Jamu tradisional? Mempergunakan sistem tradisional lain yang mempunyai faktor-faktor kebersamaan dengan Jamu.

Ide baru di dunia barat: Traditional western herbal medicine-combining western herbs and chinese medicine -chinese herbal medicine.

Jamu sebagai bagian dari pengobatan tradisional, symptom dan keluhan pasien? Diagnosa? Tradisional? Atau western medicine? Terapi dengan Jamu? Jamu apa? Bahan materia medika yang mana? Resep racikannya bagaimana dan kenapa? Targetnya apa? Dosisnya berapa? Dasar diferensiasinya dan spesifikasinya apa? Level rasionalitasnya?

Pada kesempatan ini dr. Kiki juga mebedah formula ramuan Tolak Angin dari sudut kajian teori chinese herbal medicine sehingga dapat memperkaya peserta tentang manfaat ramuan dengan pedoman teori yang dapat dijadikan model dalam meracik Jamu yang rasional. Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: