Jangan Menolak Pemakaman Jenazah COVID-19
Tanggal Posting : Jumat, 8 Mei 2020 | 08:25
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 425 Kali
Jangan Menolak Pemakaman Jenazah COVID-19
Prosedur pemakaman jenazah COVID-19 sudah ada SOP-nya.

JamuDigital.Com -PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Wabah corona yang menjangkiti Indonesia telah menyebabkan ribuan warga terpapar dan ratusan lainnya meregang nyawa. Dari jumlah yang meninggal, tidak sedikit yang proses pemakamannya ditolak oleh sejumlah oknum warga.

Padahal, pemakaman jenazah positif corona telah melewati proses pemulasaran yang ketat, sesuai standar yang diatur dalam Protokol Penanganan Jenazah Pasien COVID-19 Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

Berita Terkait: Donasi Makanan Saat COVID-19

Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta pemerintah di tingkat wilayah pun telah mengeluarkan panduan-panduan resmi mengenai pemulasaran jenazah penderita COVID-19. Berikut ini proses pemakaman jenazah yang terdapat dalam lnfografis Balai Besar POM di Serang:

Jangan Menolak Pemakaman COVID-19

  • Pemulasaran jenazah di rumah sakit patuh prosedur WHO. Dibungkus ekstra rapat, dimasukan dalam peti lalu didisinfektan.
  • Pemakaman jenazah di lakukan oleh petugas khusus terlatih serta menggunakan alat pelindung diri.
  • Virus COVID-19 tidak bisa mencemari tanah atau sumber air atau lingkungan sekitar. Virus pasti mati begitu jenazah dimakamkan segera.

Pemakaman jenazah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Pasien Positif COVID-19 tidak berakibat penularan COVID-19. Pemulasaran jenazah dilakukan dengan ketat di rumah sakit Jenazah dibungkus dalam kantong jenazah yang sangat rapat, lalu dimasukan dalam peti yang tertutup rapat, peti tersebut di-disinfektasi. Dari rumah sakit, jenazah langsung menuju ke tempat pemakaman untuk dikebumikan.

Pemakaman jenazah dilakukan oleh petugas terlatih. Petugas pemakaman sudah dilatih untuk prosedur pemakaman jenazah COVID-19, serta menggunakan alat pelindung diri ketika memakamkan jenazah. Proses dilakukan dengan cepat dengan jumlah pelayat yang dibatasi. Jadi jangan tambah duka keluarga dengan menolak jenazah keluarga mereka. (Sumber Berita: Infografis Balai Besar POM di Serang). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: