Memperkenalkan Obat Tradisional Melalui Pameran Usada
Tanggal Posting : Rabu, 8 Desember 2021 | 06:59
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 595 Kali
Memperkenalkan Obat Tradisional Melalui Pameran Usada
Pameran Usada dengan tema "Warisan Leluhur Dalam Racikan Ramuan Tradisional" yang dilaksanakan pada tanggal 6 - 8 Desember 2021 di Museum Soenda Ketjil Buleleng, Bali.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Kabupaten Buleleng memiliki warisan budaya yang sangat beragam baik fisik maupun non fisik. Salah satunya adalah pengetahuan yang terdapat dalam lontar. Pengetahuan yang terdapat dalam lontar ini merupakan kekayaan intelektual masyarakat Bali yang luar biasa yang dapat dijadikan sebagai sumber ilmu pengetahuan serta keinginan dalam melaksanakan berbagai tradisi yang ada dalam masyarakat.

Disadari bahwa dengan berkembangnya kemajuan teknologi di berbagai bidang berimbas pula, perubahan pola pikir masyarakat yang lebih dari pengetahuan modern dibandingkan dengan pengetahuan yang bersumber dari kearifan lokal masyarakat yang banyak tertulis dalam lontar.

Sejatinya ilmu pengetahuan yang tertulis dalam lontar sangat beragam dan mengandung pengetahuan multidisipliner yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan baik untuk penelitian ilmiah, tuntunan kehidupan, tuntunan upacara, pengetahuan Astronomi bahkan sampai pengetahuan pengobatan tingkat akurasinya cukup signifikan.

Namun demikian pengobatan tradisional yang terkandung dalam koleksi lontar Usadha Gedong Kirtya belum diketahui secara maksimal dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Oleh karena itu dalam upaya memperkenalkan, tanpa serta mengedukasi masyarakat modern tentang pentingnya mengenal kembali tanaman obat yang ada disekitar kita untuk kesehatan, maka UPTD Gedong Kirtya Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng menyelenggarakan pameran temporer tentang pengobatan tradisional (Usada).

Pameran Usada ini mengangkat tema "Warisan Leluhur Dalam Racikan Ramuan Tradisional" yang dilaksanakan di Museum Soenda Ketjil Buleleng. Pameran Usada ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Bapak Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos., M.Si., ditandai dengan pemotongan pita. Pameran Usada ini diadakan selama 3 hari mulai dari tanggal 6 - 8 Desember 2021.

Pada pameran ini ditampilkan berbagai macam tanaman obat-obatan tradisional dan olahan obat-obatan tradisional seperti jamu-jamuan, rempah-rempah dan lain-lain. Semua obat-obatan tradisional ini juga terdapat di dalam lontar Usada dimana dapat dipastikan bahwa resep obat-obatan tradisional ini merupakan warisan dari para leluhur atau nenek moyang kita.

Namun karena banyak masyarakat yang sulit untuk membaca lontar, maka dengan adanya Pameran Usada ini dapat mempermudah masyarakat untuk mengetahui berbagai macam tanaman obat dan olahan tanaman obat tradisional. (Sumber Berita: https://disbud.bulelengkab.go.id/informasi/detail/berita/95_memperkenalkan-obat-tradisional-melalui-pameran-usada). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: