Tanaman Pala Redakan Asam Lambung
Tanggal Posting : Sabtu, 2 Januari 2021 | 08:16
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 681 Kali
Tanaman Pala Redakan Asam Lambung
Tanaman pala yang umumnya dibudidayakan di Kepulauan Maluku memiliki manfaat meredakan asam lambung.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Manfaat tanaman pala begitu beragam dan perlu diketahui. Pala adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki manfaat meredakan asam lambung.

Tumbuhan pala dari famili Myristicaceae merupakan tumbuhan asli Indonesia. Pohon pala dapat tumbuh di daerah tropis pada ketinggian di bawah 700 mdpl, beriklim lembab dan panas, curah hujan 2.000-3.500 mm tanpa mengalami perode musim kering secara nyata.

Tanaman pala umumnya dibudidayakan di Kepulauan Maluku, khususnya Ambon dan Banda. Ditanam dalam skala kecil di kepulauan lainnya sekitar Banda, Manado, Sumatera Barat, Jawa Barat, dan Papua. Pala juga dtanam di Pulau Penang di Malaysia dan Kanbia terutama di Grenada.

Habitus pala berupa pohon berdaun rimbun dengan tinggi dapat mencapai 20 m. Pala dipanen buahnya, buah termasuk jenis buah batu, berdaging kuning muda kehijauan, berkulit kuning berselubung biji merah padam, bentuk bulat lonjong dan beralur memanjang di tengahnya.

Berita Terkait: Alang-Alang Obat Pelancar Urin
Berita Terkait: Keutamaan Obat Modern Asli Indonesia


Bila masak, kulit dan daging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkus fuli yang berwarna merah. Buah pala mengandung minyak atsiri (miristin, pinen, kamfen, dipenten, pinen safrol, eugenol, iso-eugenol, alkohol), gliseda (asam miristinat, asam-oleat, bomeol, giraniol) protein, lemak, pati gula, vitamin A, B1 dan C".

Fuli mengandung likopen yang sama dengan warna merah pada tomat. Kulit dan daunnya mengandung minyak atsiri. Pala dikenal sebagai obat pelepas kelebihan gas di usus dan sebagai obat perut. Pala Irian dipakai sebagai obat pencahar.

Pala jantan dipakai sebagar obat diare dan obat perangsang. Bunga kering (kembang Pala) dipakai pada berbagai campuran jamu. Getah segar yang berwama kehijau-hjauan dari buahnya (beserta air) dipakai sebagai obat kumur untuk mengobati sariawan.

Minyak pala memiliki kemampuan mematikan serangga (insektisida), antijamur (fungisida), dan antibakteri.

Sebagai obat, pala berkhasiat sebagai bahan perangsang (stimulan), mengeluarkan angin (karminatif), menciutkan selaput lendir atau pori-pori (astrinjen), dan mengatasi lemah syahwat (afrodisiak). (Sumber: Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI., Halaman 134-135). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: